20 Tahun Lamanya BMW Mengawal Keselamatan MotoGP

BMW MotoGP Safety Car. Foto: motogp.com

Semua penggemar balapan MotoGP pasti sering lihat baik itu di TV maupun yang menonton langsung di sirkuit, selalu ada Safety Car disetiap akan mulai balap MotoGP. Ya, benar sekali, Safety Car selalu siap mengawal semua balapan maupun sebelum balapan dimulai. Tugas mereka adalah memastikan sirkuit aman untuk digelar tanpa ada gangguan apapun.

BMW MotoGP Safety Car 2019-2020. Foto: motogp.com

Di MotoGP sendiri pabrikan asal Jerman, BMW telah menjadi pengawal pribadi balapan ini sejak tahun 1999 atau 20 tahun yang lalu. Selama lebih dari 20 tahun itu BMW seri M selalu digunakan untuk mengawal balapan MotoGP. Berkat armada BMW M Safety Car inilah para pembalap bisa lebih nyaman dalam melakukan balapan karena sudah di inspeksi sebelumnya oleh Safety Car.

BACA JUGA  Bos Ducati Serang Honda: Lebih Baik Runner Up Daripada Juara Dunia Cuma Lewat 1 Pembalap Saja
Safety Car 2004 hingga 2006. Foto: motogp.com

Sejak pertama kali memulai kemitraan dengan Dorna Sports pada tahun 1999, BMW M telah menyediakan 23 model Safety Car yang berbeda-beda. Yang paling terbaru saat ini adalah BMW M8 (F93) MotoGP Safety Car. Dua motor superbike BMW S 1000 RR – atau model yang sama dengan Tom Sykes dan Eugene Laverty di ajang WorldSBK juga termasuk menjadi pengawal MotoGP.

Interior Safety Car. Foto: motogp.com

Sebenarnya banyak sekali tipe yang digunakan untuk mengawal MotoGP dan kegunaanya. Ada juga khusus mobil medis, kemudian juga mobil untuk inspeksi dan lain sebagainya. Fungsi dari mobil tersebut memang berbeda dan biasanya juga di selaraskan dengan tipenya. Misalnya, di Sepang Malaysia, sebelum balapan akan ada mobil SUV BMW X5 seri M yang akan melintas dahulu sebelum nantinya Safety Car tipe M sport akan mengawal balapan pada sesi Warm Up. Di situs motogp.com menampilkan beberapa foto mobil berpenampilan khusus yang dipamerkan sejak 1999. Sebagian di share di berita ini.

BACA JUGA  MotoGP Bisa Batal Tahun Ini Atau Di Tunda dan Digelar Tanpa Penonton
BMW MotoGP Safety Car 2013. Foto: motogp.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here