Ada Orang Indonesia Dibalik Kemenangan Alex Marquez

Putut Maulana Atlit eSport MotoGP Indonesia. Foto: instagram/moe27

Minggu malam menjadi debut perdana Alex Marquez memenangi kejuaraan MotoGP Virtual Game yang disiarkan langsung oleh MotoGP. Meski ini adalah game balapan yang menggunakan Playstation namun tetap tidak mengurangi serunya jalannya balapan. Tapi adakah yang tahu jika dibalik kemenangan Alex tersebut ada jasa seseorang dari Indonesia.

Ya, Alex Marquez mendapatkan bantuan dari orang Indonesia yang bernama Putut Maulana yang merupakan satu-satunya atlit MotoGP eSport yang berasal dari Indonesia. Putut warga Kalimantan Selatan ini memberikan banyak tips dan masukan kepada Alex sebelum balapan dimulai.

“Awalnya Alex DM saya di Instagram untuk membantu memberikan masukan untuk seting motornya di Playstation. Dia tahu saya karena saya adalah atlit eSport MotoGP kebetulan saya bergabung di tim LCR Honda. Dia bertanya soal setingan motor terbaik untuk sirkuit Mugello dan saya memberikan beberapa tips kepadanya,” ungkap Putut yang tahun ini masih dikontrak LCR Honda.

“Selain sharing Bike Set Up saya juga memberi tips tentang bagaimana menaklukan Curbs yang ada di setiap tikungan. Karena akan sangat berbeda sekali dengan balapan yang sebenarnya ada trik khusus yang harus di kuasai. Jadi kalau di game Playstation ini motor agak susah dikendalikan jika melibas Curb jadi harus tahu bagaimana cara menghindarinya. Tentunya selain itu ada seting suspensi yang perlu diperhatikan dan juga seting Gear yang disesuaikan agar lebih responsif,” lanjut cowok gondrong yang berasal dari Banjarbaru, Kalsel.

BACA JUGA  Adakah Kejutan di Awal Seri MotoGP Musim 2020 Nanti

Meski banyak mengasih masukan kepada Alex, Putut juga menggaris bawahi jika yang menentukkan bagus tidaknya tentu sang pemain sendiri yang pegang kendali. “Kalau Alex memang jago main game ini jadi semuanya juga tergantung siapa yang pegang joystik. Meski saya bantu seting tapi Alex memang pemain yang bagus dan itu juga pernah dibilang sama kakaknya Marc Marquez. Tentu saya ikut senang dia bisa menang di seri perdana virtual game ini,” kata Putut yang bisa dijumpai di Instagram dengan nama  _moe_27_ ini.

Tahun 2019 mendapatkan IMI Awards. Foto:instagram/moe27

Tahun ini Putut masih akan dikontrak tim LCR Honda untuk menjadi wakil mereka di ajang MotoGP eSport. Pada tahun kemarin Putut berhasil menempati posisi ke 8 besar dari target awal di posisi ke 6. Khusus tahun ini dia menarget pisa posisi 6 besar. “Memang sangat kompetitif melawan jagoan gamer dari berbagai negara, saya harus melawan nama-nama seperti Juan, Wimp dan Eleghost yang memang sangat bagus mainnya. Memang nggak mudah tapi saya akan tetap fight demi nama negara dan tim saya. Tahun ini kita akan menggunakan game terbaru yakni MotoGP 20 yang bakal dirilis bulan depan. Dan tahun ini akan menarik karena semua peserta eSport harus beradaptasi dengan game baru ini,” kata Putut yang juga mendapatkan trofi IMI Award 2019 lalu di Jakarta.

BACA JUGA  Alex Marquez Harus Lepas Dari Bayang-Bayang Kakaknya 

Kembali ke ajang balap MotoGP Virtual Game yang dimenangi oleh Alex Marquez. Serunya balapan sudah terlihat sejak sesi kualifikasi dimana  Fabio Quartararo mampu meraih pole position dan start terdepan. Begitu balapan dimulai sudah banyak terjadi senggolan dan Crash diantara para pembalap. Alex yang langsung menyeruduk didepan sempat lolos dari tabrakan beruntun yang diawali melintirnya Quartararo di tikungan pertama.

Alex Marquez juara MotoGP Virtual Game. Foto:motogp.com

Yang menarik adalah crash yang terjadi antara dua pembalap yang tahun depan akan menjadi satu tim yakni Quartararo dan Vinales. Marc Marquez sendiri sempat berada diposisi ke tiga sebelum dia juga crash out dan disalip oleh Vinales yang berhasil meraih podium ketiga. Sedangkan pembalap asal Italia Pecco Bagnaia yang juga terkenal jago main game ini sempat terpelanting dan jatuh namun maasih bisa meraih posisi kedua dibelakang Alex.

BACA JUGA  Ini Alasan Rossi Tidak Ikut Balap Virtual Minggu Besok

“Sangat senang sekali bisa menang karena sebelum balap aku bukan yang tercepat. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Putu Maulana (Moe27 atlit MotoGP™ eSport dari Indonesia) yang telah memberikan tips untuk set up motor. Saya bahkan tidak memberikan tips ini buat Marc karena dia juga rivalku. Harapan saya tentu ada balapan lagi seperti ini secepatnya dan saya akan bilang ke Dorna untuk segera merealisasikannya,” kata Alex Marquez.

Balapan sendiri terlihat santai buat para joki MotoGP ini, mereka terlihat berada di sofa masing-masing dan menghadap ke layar monitor TV. Sedangkan tampilan layar di bagi beberapa kotak bagian untuk menunjukkan posisi para gamers dan kotak ditengah menampilkan jalannya balapan. Yang menarik justru komentar Alex Rins yang sepertinya kurang puas dengan performanya di seri perdana ini. Dia bertanya kepada host acara tentang kapan akan dilakukan seri keduanya. Dan dijawab sesegera mungkin oleh host tersebut. Menarik kan tunggu saja seri kedua nanti.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here