Ada Rahasia Yang Tak Terungkap Dibalik Fairing Ducati  

Ducati Team akan menggunakan teknologi AI dimasa depan. Foto: motogp.com

Selama beberapa tahun terakhir ini Ducati selalu berada di garis depan dalam inovasi teknis yang dibawa ke MotoGP. Ducati memang selalu terdepan dalam teknologi meskipun banyak diprotes dan ditertawakan oleh tim lain. Dulu yang paling heboh dan menjadi pertanyaan banyak orang adalah ketika Winglet atau sirip yang pertama diperkenalkan dan malah diejek sebelum akhirnya semua tim juga memakainya. Kemudian ada Deflektor pada lengan ayun yang legalitasnya sempat diperdebatkan para tim lain dan sempat diajukan  banding. Dan akhirnya kini optimalisasi piranti “holeshot” untuk membantu di grid awal dan tikungan pertama.

Tetapi menurut insinyur Ducati yakni Gigi Dall’Igna, sebenarnya masih banyak teknologi lain yang belum diketahui oleh umum di motor Desmosedici. Dia memiliki rahasia lain yang tersimpan rapi dibawah fairing atau kerudung Ducati. Tetapi memang tidak ada pertanyaan untuk bisa mengungkapkannya.

BACA JUGA  Jack Miller Kandidat Kuat Tim Pabrikan Ducati 2021?
Gigi Dall’Igna. Foto: motogp.com

Di MotoGP selalu memiliki beberapa revolusi, antara lain mesin lima silinder Honda, elektronik, throttle “Ride by wire”, “sistem Seamless” untuk mengubah data dan masih banyak lagi. Tetapi untuk waktu sekarang, Ducati yang paling senang mengejutkan dunia MotoGP dan mampu mengganggu para pesaingnya dengan menggarap sisi-sisi yang sampai sekarang belum tergarap.

Bakat-bakat terpendam dari para teknisi di wilayah Emilia-Romagna (markas tim) yang saat initerganggu oleh virus corona yang cukup membuat banyak rintangan. Tetapi Gigi Dall’Igna menceritakan bagaimana Ducati telah berhasil memposisikan diri di garda paling depan soal teknologi. “Ketika Ducati bergabung di MotoGP pada tahun 2002, berhasil membawa imajinasi yang lebih ke sisi teknis. Meskipun ban juga dikembangkan untuk meningkatkan kinerja dan ini memungkinkan para insinyur kami untuk menemukan solusi baru,” kata Gigi.

BACA JUGA  Danilo Petrucci Akan Menjadi Kapten di Tim Red Bull KTM

“Ini adalah solusi yang paling dikenal dan gampang terlihat. Tetapi di balik Fairing Desmosedici, ada banyak lagi lainnya dalam hal mesin dan sasis yang tidak bisa saya ungkapkan. Fantasi orang Italia itu luar biasa, khususnya Ducati,” kata Gigi penuh arti.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here