Ada Satu Pabrikan Motor Yang Mau Masuk ke MotoGP, Siapa Dia?

Suter BMW sudah pernah di MotoGP akankah kembali sebagai pabrikan? Foto: motogp.com

Dalam sebuah wawancara dengan Marca, Carmelo Ezpeleta mengkonfirmasi untuk pertama kalinya jika tanggal ke-19 Juli, mungkin menjadi peluncuran musim MotoGP 2020.

Bos besar Dorna Sports memang relatif optimis, hanya menunggu perjanjian pemerintah untuk meresmikan berita pada awal Juni. “Jika mereka tidak menyetujui protokol yang direncanakan untuk Jerez pada 19 Juli, mungkin itu akan dimulai nanti dan kami akan kembali off, atau pindah ke tempat lain dan balik ke Spanyol lagi nanti. Niat kami adalah mulai pada 19 Juli di Jerez, tetapi kami bergantung pada penerimaan izin yang diperlukan,” ungkap Bos Dorna ini mantap.

Setelah masalah jangka pendek ini diselesaikan, ia masih harus mengetahui konsekuensi jangka menengah dari krisis kesehatan dan ekonomi ini di MotoGP, khususnya dengan kemungkinan pengunduran diri dari pabrikan ini atau itu, seperti yang dilakukan Kawasaki pada akhir 2008.

BACA JUGA  Ini Dia Sirkuit Yang Sudah Siap Menggelar MotoGP dan Formula 1
BMW Safety Bike
BMW Selama ini digunakan sebagai Safety Bike di MotoGP. Foto: motogp.com

Dan di sinilah sang Carmelo Ezpeleta menunjukkan bahwa dia seorang wirausaha atau entrepreneur hebat, yang tahu bahwa masa depan tidak pernah ditulis sebelumnya. Dia mengungkapkan bahwa, sebelum krisis ini terjadi, dia telah menerima beberapa permintaan pabrikan untuk bergabung di katagori kelas MotoGP.

“Risiko itu akan selalu ada (tim yang mengundurkan diri). Kami memiliki kontrak dengan semua produsen, kecuali Aprilia yang berpartisipasi dengan tim Gresini, hingga 2021. Biasanya, mereka yang memiliki kontrak ikut serta. Baru-baru ini, kami telah menerima permintaan pendaftaran dari produsen dan kami membatasi diri pada lima ditambah Aprilia saat ini. Kita harus selalu mencari tim atau peserta yang akan berhenti di MotoGP. Virus corona dapat meningkatkan kemungkinan ini. Ini bukan apa yang mereka katakan kepada kita, tetapi ini adalah risiko yang tidak pernah bisa kita abaikan,” ungkap Ezpeleta.

BACA JUGA  Ribut Sama Penjaga Vilanya, Rossi Dituntut Pengadilan

Yang jelas kita semua tidak ingin ada yang mundur dari MotoGP, memang tidak bisa dicegah jika mereka ada yang mau berhenti. Tapi tentunya pasti akan ada yang ingin masuk dan melamar untuk ikut di kompetisi terbaik di dunia ini. Dari yang telah terlihat selama ini hanya ada satu kemungkinan yang mengkerucut. Kawasaki sepertinya tidak mungkin akan masuk dalam waktu dekat, lalu siapa yang paling memungkinkan dan masuk akal. Siapa lagi kalau bukan BMW.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here