Alex Criville: Tahun Ini Akan Jadi Musim Tersulit Valentino Rossi

Alex Criville dan Valentino Rossi di GP500. Foto: motogp.com

Mantan juara MotoGP, Alex Criville memprediksi musim MotoGP akan sulit untuk Valentino Rossi. “Saya tidak bermaksud bahwa dia tidak akan memenangkan balapan, tetapi itu akan sangat sulit,” kata Criville.

Saat ini waktu sudah mendekati mulainya musim MotoGP 2020 meski masih ada banyak keraguan jika dilihat dari sudut pandang kesehatan. Epidemi Coronavirus memaksa melihat kembali bagaimana balap akan digelar. Musim ini wajib bagi pembalap untuk melakukan kesalahan dan beberapa pembalap bisa pergi ke trek dengan tekanan lebih. Dimulai dengan Valentino Rossi, yang  harus menandatangani pembaruan kontrak tanpa bisa merasakan balapan pertamanya.

Alex Criville. Foto: motogp.com

Mantan juara kelas 500 Alex Crivillè mencoba membuat prediksi kejuaraan MotoGP berikutnya. Marc Marquez tetap menjadi favorit besar untuk meraih gelar kesembilan.

BACA JUGA  Tiga Hari Yang Penuh Makna Buat Rossi

“Referensi dan pembalap yang akan diunggulkan masih sama. Tapi khusus untuk Valentino Rossi, saya tidak bermaksud bahwa dia tidak akan memenangkan perlombaan tetapi itu tidak akan mudah. Dia tahu bahwa jika tahun ini tidak kompetitif dia akan menggantung helm nya dan pensiun. Akan ada sirkuit di mana dia akan tampil bagus, tetapi kita akan melihat apakah dia bisa bertarung dan terus kompetitif, dia pasti akan mengalami kesulitan,” kata Criville kepada DAZN.

Terlalu banyak strategi yang tak lazim di Kejuaraan yang dikurangi menjadi 10 atau 12 seri balapan. Satu-satunya saran dari mantan juara Spanyol ini adalah langsung tampil ngotot sejak balapan pertama.

BACA JUGA  Valentino Rossi: Saya Pingin Punya Anak Masalahnya Saya Tidak Pernah Siap
Criville dan Rossi. Foto: motogp.com

“Strateginya sama seperti biasa, selalu mencoba. Itu tidak akan banyak berubah jikapun nantinya balapan akan menjadi 16 seri pada akhirnya. Anda harus selalu berusaha 100% dan jangan pikirkan apapun. Ini adalah campuran antara aspek fisik dan mental, saya pikir ada pembalap yang berhasil dalam mengatur sisi psikologisnya. Sementara ada yang lain yang tidak membutuhkannya karena sangat jelas. Ketika semuanya sudah pada tempatnya, pasti semuanya berjalan dengan baik,” tambah Criville.

Criville saat masih balap GP500. Foto: motogp.com

Ada ketidakpastian besar di garasi Ducati setelah rumor beberapa hari terakhir. Jack Miller satu langkah lagi bergabung dengan tim pabrikan, dan salah satu dari Petrucci dan Dovizioso akan meninggalkan tim tersebut. Bagi Alex Crivillè, pembalap asal Australia itu tidak akan menyelesaikan masalah.

BACA JUGA  Foto-Foto Saat Valentino Rossi Latihan di Misano dengan Yamaha R1

“Tak perlu dikatakan bahwa Ducati harus memiliki setidaknya dua pembalap tingkat atas. Sekarang pilihannya adalah tinggal Dovizioso, karena pembalap dengan kelas seperti Marc, Fabio atau Maverick sudah tidak ada lagi. Dalam hal ini, saya pikir pasti mereka tidak bisa tidur memikirkan ini,” jelas Alex Criville.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here