All-New Kia Seltos Jagoan Asal Korea di Kelas SUV, Berikut Fitur-Fiturnya

KIA Seltos Foto: dok

Rancangan wajah All-New Kia Seltos memperlihatkan ciri khas Kia yang semakin berkarakter. Detail sangat diperhatikan dan kembali menegaskan grille ‘Tiger Nose’ sebagai identitas utama. Kali ini menampilkan pola baru. Harmonisasinya lebih menyatu, antara grille besar dengan headlamp berteknologi LED plus fitur Auto Light.

 

Bumper depan pun dirancang agresif penuh perhitungan. Utamanya agar tercipta sudut approach lebih tajam yang mendukung berkendara off-road. Kesan futuristik tergambar dari lampu kabut LED berbentuk “Ice Cube”. Skid plate depan dan belakang  memperkuat unsur sporty. Tak lupa cladding hitam di sekeliling bodi yang menggambarkan sifat kuat SUV. Coretan garis tegas tampak menghias bagian belakang. Taillight LED dengan ornamen futuristic, menghasilkan pendaran cahaya yang menarik perhatian. Lubang knalpot ganda sebagai penggambaran performa yang dihasilkan jantung mekanis, melengkapi tampilan eksklusif khas Kia.

 

Penuh gaya, ekspresif dan modern, begitulah gambaran bodi All-New Seltos. Cita rasa SUV melekat kuat, namun dikemas dalam tubuh kompak yang tampak atletis. Ground clearance setinggi 183 mm ditranslasikan dalam wujud gagah untuk penggambaran jiwa petualang.  Area samping kian kekar lewat pemakaian roda berukuran 215/60R17 (EXP dan EX) dan 205/65R16 (E).  Di atap terpasang sunroof yang dapat dibuka secara elektrik. Enam pilihan warna menarik ditawarkan: Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange.

 

BACA JUGA  Toyota RAV4 2020 Lebih Berotot Akankah Masuk Indonesia?

Interior Lapang dan Berkelas

Keatraktifan eksterior turut menjalar ke kabin. Gaya tegas dan minimalis bernuansa kendaraan petualang modern. Kemewahan didapat melalui material bermutu tinggi dan detail hingga bagian terkecil. Segala sesuatunya memiliki sentuhan berkelas mengarah ke level premium.

 

Desain dashboard asimetris dirancang fokus ke arah pengemudi. Sentuhan high-tech tampak nyata lewat monitor infotainment dan panel instrumen. Meter cluster Supervision berupa monitor ukuran 7 inch, berisi ragam informasi penting seputar kendaraan.

 

Pusat sarana hiburan dan komunikasi terpampang jelas di bagian tengah. Monitor LCD sebesar 8 inch berisikan banyak fungsi untuk mempermudah aktivitas mengemudi. Selain Bluetooth voice recognition, head unit  All-New Kia Seltos sudah dilengkapi Apple Car Play dan Android Auto. Layar monitor pun mampu menampilkan visual kamera belakang yang mempermudah proses parkir.

 

Kebutuhan akan gawai selama berada di kabin All-New Kia Seltos akan selalu terfasilitasi. Tak hanya USB slot dan power outlet 12V, tersedia pula wireless charging untuk mengisi daya smartphone. Canggih dan praktis digunakan.

 

Lapang dan nyaman, adalah fokus utama Kia dalam merancang interior All-New Kia Seltos. Ruang kepala, kaki dan bahu berlimpah untuk seluruh penumpang. Tidak ada kata sempit bagi penumpang yang duduk di belakang. Kenyamanan dalam perjalanan jauh selalu terjaga dengan fleksibilitas kursi tinggi dan sandaran yang mampu direbahkan agar duduk makin rileks. Pengaturan Auto Climate memastikan suhu kabin terjaga sesuai keinginan. Udara dingin cepat tersebar rata lewat ventilasi AC belakang.

BACA JUGA  Suzuki XL 7 Meluncur Kapasitas Lebih Luas

 

Tempat untuk menaruh barang bawaan terhampar luas. Bila perlu kapasitas lebih lapang, cukup melipat sandaran kursi belakang. Seketika tercipta lantai rata dan kapasitas bagasi meningkat signifikan. All-New Kia Seltos menawarkan ruang kabin luas dan keserbagunaan terbaik di kelasnya.

 

Kombinasi Sempurna Antara Performa dan Efisiensi Bahan Bakar

All-New Kia Seltos dirancang untuk menghasilkan pengalaman berkendara penuh sensasi, nyaman, kapabel dan rasa kepercayaan diri tinggi bagi pengemudi, sekaligus bagi penumpangnya. Beragam elemen dikembangkan dalam mencapai keseimbangan terbaik antara peforma mesin, efisiensi bahan bakar sampai kenikmatan mengemudi.

 

Untuk pasar Indonesia, All-New Kia Seltos mengusung mesin Kappa 4-silinder 1,4-liter (1.353 cc) turbocharger. Tenaga dihasilkan sebesar 140 PS di putaran mesin 6.000 rpm, dengan torsi maksimum 242 Nm di rentang 1.500-3.200 rpm. Seluruh daya tersalur menuju roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis kopling ganda (DCT) 7-speed. Sebuah transmisi yang mampu mengolah seluruh daya secara maksimal. Berkontribusi pada responsifitas akselerasi, dan tentunya berimbas juga dalam efisiensi bahan bakar.

 

Menunjang kedinamisan berkendara, All-New Kia Seltos dilengkapi sistem Drive Mode Select. Pengemudi dapat mengadaptasikan mobil sesuai gaya berkendara, kebutuhan dan kondisi jalan. Terdapat pilihan mode mengemudi seperti: Normal, Eco, Sport, Mud dan Snow & Sand. Mode Eco memaksimalkan daya jelajah dengan menghemat penggunaan bahan bakar. Sementara mode Sport meningkatkan respons mesin, transmisi dan kemudi untuk rasa berkendara sporty. Sedangkan mode Normal, merupakan keseimbangan terbaik kedua mode itu.  Ada pula mode Mud, Snow & Sand yang akan mengubah karakter sesuai kondisi jalan dilalui.  Selain itu, cruise control juga tersedia untuk varian tertinggi (EXP).

BACA JUGA  Beli Isuzu mu-X Kini Makin Hemat Tiga Tahun Bebas Perawatan

  

Fitur Keselamatan dan Keamanan

 Memastikan keselamatan pengemudi maupun seluruh penumpang ialah kompromi utama Kia. Fitur keselamatan aktif dan pasif siap menjaga sepanjang perjalanan.

Struktur bodi All-New Kia Seltos terbuat dari campuran besi dan aluminium yang rigid namun tetap ringan. Komponen Advanced High-Strength Steel mampu mereduksi getaran yang ditimbulkan dari jalan, sekaligus menyerap energi tumbukan. Enam titik airbag siap menjaga semua penumpang di dalam bila terjadi benturan. Terdiri dari airbag pengemudi, penumpang depan, samping dan airbag tirai.

 

Sistem Vehicle Stability Management Kia memastikan laju mobil selalu aman. Termasuk di dalamnya Electronic Stability Control dan Hill Start Assist, yang merupakan standar di semua varian. Fitur lain yang tak kalah penting juga tersemat, seperti Anti-lock Braking System, Brake-force Assist, Traction Control System dan empat titik sensor parkir.  

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here