Apa Sih Fungsi Utama Pit Board Di Balap?

Pitboard MotoGP. Foto: crash.net

Pitboard atau papan pit selalu memiliki peran penting dalam balapan baik balap motor ataupun mobil. Ini adalah sarana komunikasi yang paling dapat di andalkan antara tim dan pembalap, pitboard tidak banyak berubah di MotoGP meskipun sekarang mulai digitalisasi, namun penggunaannya pitboard manual tetap penting dan butuh strategi dan ketepatan.

Semua tim di MotoGP memiliki setidaknya satu, begitu juga tim Moto2 dan Moto3. Posisi papan panel atau pitboard sekarang masih menempati tempat yang relatif penting dalam kompetisi balap sepeda motor. Awalnya, itu adalah tanda untuk memberitahu pembalap secepat mungkin tentang waktu putaran yang baru saja dia selesaikan di lap sebelumnya. Namun dengan kemajuan jaman saat ini informasi penting juga dapat ditransmisikan di dashboard indikator sepeda motor, mulai tahun 2017.

BACA JUGA  Meski Dilarang Rossi Tetap Lakukan Hal Ini Bersama Dovi

Perang teknologi yang inventif  adalah hal lumrah buat para tim-tim di balap MotoGP. Namun tetap ada aspek-aspek tertentu dari balapan yang masih melanggengkan tradisi lama. Seni memainkan panel/pitboard salah satunya. Selama beberapa dekade, hiasan yang ada di papan berlubang ini tidak ada yang berubah.

Pada setiap perlombaan di balap ada banyak sekali tanda yang diacungkan oleh mekanik yang menunggu pembalap mereka lewat untuk mengirimkan informasi penting. Antara lain waktu putaran, posisi, jarak dengan pembalap di depan atau dibelakangnya, masuk ke paddock maupun  jumlah lap yang yang harus dikejar atau yang sudah di lahap, dan lain-lain.

Seni Menggunakan Pitboard

Tujuan Paneler (orang yang membawa pitboard) adalah untuk memberi tahu pembalapnya tentang situasi apa adanya dan harus berusaha terlihat oleh pembalap. Anda harus tahu cara menyikut, tetapi juga tahu cara menjangkau, sehingga pembalap mendapat informasi dengan jelas. Selama sesi kualifikasi, informasi didasarkan pada waktu yang tersisa, posisi saat ini dan waktu sesi terbaik. Selama perlombaan, informasi tergantung pada elemen-elemen berikut: putaran tersisa, posisi, jumlah pembalap lain dalam grup (terutama di Moto3 & Moto2) dan perbedaan waktu antara pembalap dan kelompok dibelakangnya.

BACA JUGA  Jelang MotoGP Qatar, Valentino Rossi Masih Resah

Jika saat balapan terjadi situasi Flag to Flag (hanya di MotoGP), tim juga memberikan dua informasi lainnya. Menginformasikan bahwa motor kedua siap melalui pesan “PIT OK”, dan jika ada masalah teknis, pesan “IN” untuk memberi tahu pengemudi tentang perlunya kembali ke pit.

Dalam beberapa situasi lain, seperti ketika pembalap lain tepat di belakang, panel akan menunjukkan perbedaan waktu yang lebih kecil daripada yang asli, misalnya dengan menandai +0 bukannya +0.8. Davide Brivio, Manajer Tim dari Tim Suzuki Ecstar, menambahkan bahwa ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan.

“Jika saat akhir musim dan kita memiliki pembalap yang sedang memperebutkan gelar, maka tanda yang kita berikan juga harus memberi tahu tentang apa yang dilakukan pembalap pesaing utama. Kami berkomunikasi intens dengan pembalap untuk menentukan strategi, tidak hanya untuk balapan tetapi juga untuk tes dan kualifikasi,” kata Brivio.

BACA JUGA  Jelang Seri 1 MotoGP Qatar: Suzuki Bakal Ikuti Jejak Yamaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here