Apakah Andrea Dovizioso Ingin 10 Tahun di Ducati, Siapa Pembalap Tersetia?

Andrea Dovizioso . Foto: motogp.com

OTOSPORTIF – Ducati Corse ingin tetap mempertahankan Andrea Dovizioso di timnya untuk masa depan. “Jika Dovi lebih suka kontrak satu tahun, kami siap untuk berbicara,” kata dokter olahraga Paolo Ciabatti.

Tim pabrikan Ducati Corse-MotoGP kini telah resmi menyewa Jack Miller untuk musim 2021 dan 2022, dan Andrea Dovizioso harus terus mengambil tempat kedua di Desmosedici baru. Danilo Petrucci mendapat tawaran untuk Kejuaraan Dunia Superbike, tetapi lebih memilih kontrak dengan Red Bull-KTM di kelas utama.

Kini pada usia 34 tahun, karir balap Andrea Dovizioso perlahan-lahan akan berakhir. Oleh karena itu manajer Ducati dapat membayangkan mengakomodasi tiga kali Runner Up MotoGP ini untuk menyetujui kontrak satu tahun.

BACA JUGA  Yamaha vs Ducati, Skor 2-0 Untuk Yamaha. Tapi Ducati Klaim Masih Punya Stok Pembalap Cepat

“Kami akan terbuka untuk diskusi dalam hal ini. Jika Dovi lebih suka perjanjian satu tahun, kami akan dengan senang hati setuju dengannya. Jika dia ingin memiliki perjanjian selama dua tahun, dia harus super termotivasi karena usianya mendekati 40. Tapi jujur, kami tersedia untuk diskusi semacam itu,” kata direktur olahraga Ducati Paolo Ciabatti dalam sebuah wawancara dengan Speedweek.com.

Dovizioso akan memiliki waktu delapan tahun di Ducati setelah musim 2020. Pada 2008 dia mengendarai SCOT Honda, kemudian dari 2009 hingga 2011 untuk Repsol Honda, sebelum dia harus memberi ruang bagi Casey Stoner dan pindah ke Tech3-Yamaha (untuk 2012) selama satu tahun. Dalam dua belas tahun GP terakhir, pembalap Italia ini mantap dan tidak pernah terlempar dari posisi 7 besar secara keseluruhan di klasemen.

BACA JUGA  Marquez Mengaku Kalau Didekati Ducati, Tapi Tawaran Honda Lebih

“Jika Dovi menandatangani lagi selama dua tahun, ia akan menjadi pembalap MotoGP paling setia setelah Dani Pedrosa,” kata Ciabatti.

Pedrosa sebenarnya memiliki tidak kurang dari 13 tahun di HRC dan di Repsol antara tahun 2006 dan 2018 sebelum menandatangani sebagai penguji di KTM karena ia harus memberi jalan bagi Lorenzo di Honda.

Juara dunia Marc Marquez memperebutkan musim kedelapan di Repsol Honda pada tahun 2020, kontrak barunya berjalan hingga akhir musim pada tahun 2024, diman ia akan memiliki dua belas tahun HRC di belakangnya.

Selain Pedrosa dan Marquez, Honda sudah memiliki lima kali juara dunia 500cc Mick Doohan, seorang superstar yang setia pada merek ini. Orang Australia tersebut telah bersama motor Honda NSR 500 dari tahun 1989 hingga akhir tahun 1999 selama sebelas tahun.

BACA JUGA  Macetnya Perundingan Ducati dan Dovizioso

“Untuk Ducati, itu akan menjadi hubungan kerja terlama dengan pengemudi di tim yang sama. Itu akan menjadi langkah penting bagi kita. Tapi seperti yang saya katakan bahwa kita belum menyelesaikan negosiasi dengannya,” kata Ciabatti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here