Arab Saudi Bikin Sirkuit Untuk Gelar F1 2023, MotoGP?

Foto: formula1.com

Menggandeng Alex Wurz, eks pembalap Formula One atau F1, Arab Saudi berencana membangun sirkuit baru di Qiddiya untuk menggelar F1 pada 2023 mendatang. Hal ini disampaikan CEO Sirkuit Qiddiya, Mike Reininger kepada BBC Sport pada Jumat (17/1/2020). Proyek pembangunan sirkuit ini dilakukan di tempat berjarak 48 km dari ibukota Arab Saudi, Riyadh. Meski masih menjalani negosiasi dengan F1, Sirkuit Qiddiya akan membutuhkan status Grade 1 dari Federasi Balap Mobil Internasional (FIA).

“Kami membangun fasilitas dengan harapan akan ada kesepakatan untuk menggelar balapan di Arab Saudi. Kami membangun fasilitas yang juga bisa menggelar event-event kelas dunia lainnya, sebagai salah satu gelaran khas yang akan kami tawarkan di Qiddiya terhitung mulai 2023 nanti,” jelas Reininger.

BACA JUGA  Sekali Kecelakaan Dengan Motor MotoGP Berapa Total Kerugiannya?

‚ÄúSebuah privilese dalam hidup bisa mendesain zona mobilitas di Qiddiya, termasuk trek Speedpark. Proyek ini menawarkan kesempatan menakjubkan untuk mendesain lintasan, arena balap sesungguhnya untuk pembalap dan penonton,” ungkap Alex Wurz yang sempat membalap untuk McLaren, Williams, dan Benetton di kancah F1.

Sirkuit di Qiddiya ini nantinya akan menjadi sebuah kompleks tempat hiburan dan olahraga dengan konsep sportainment. Uniknya, Grade 1 dari FIA juga akan membuat Sirkuit Qiddiya bisa menggelar MotoGP karena kurang lebih akan menyamai standar Grade A dari Federasi Balap Motor Internasional (FIM).

Rencana pembangunan Sirkuit Qiddiya pun telah diresmikan pada Jumat (17/1/2020), disertai dengan simulasi lintasan sirkuit. Acara ini pun dihadiri oleh tokoh-tokoh eks pembalap F1 seperti Damon Hill, David Coulthard, Nico Hulkenberg, Romain Grosjean, serta Safety Advisor MotoGP Loris Capirossi.

BACA JUGA  Rencana Terbaru Penyelenggaraan GIIAS 2020

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here