Astra Motor Gelar Talkshow bersama Dinas Perhubungan dan Komunitas Sepeda

Talkshow DISHUB & Saturday Bike

OTOSPORTIF – Dalam 3-4 bulan terakhir, kenaikan tren olahraga bersepeda ataupun sebagai bagian dari gaya hidup masa kini dapat dirasakan di Yogyakarta dan kota-kota lain di Indonesia.

Sehingga tak heran jika saat ini masyarakat dapat bertemu pesepeda di jalan raya baik di pagi hari, sore hari, ataupun di malam hari. Di beberapa wilayah kenaikan jumlah pengguna sepeda di jalan raya berbanding lurus dengan kenaikan tingkat kepadatan lalu lintas. Tanpa didasari oleh pemahaman yang baik mengenai aturan serta etika berkendara di jalan raya, hal tersebut bisa menimbulkan masalah dan resiko baru di jalan raya.

Merespon hal itu, Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Yogyakarta, Kedu, dan Banyumas menggelar talkshow yang disiarkan secara langsung di Instagram dan Facebook @hondaistimewaid (28/7). Dalam talkshow kali ini Astra Motor Yogyakarta menghadirkan Kepala Bidang Keselamatan dan Transportasi Dinas Perhubungan DIY Didit Suranto. ST. MT. Dan Founder komunitas sepeda “Saturday Bike” Andi Rahadian.

Dipandu oleh Triyanto selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Yogyakarta, talkshow dengan tema “Satu Hati Cari Aman di Jalan” ini membahas tentang aturan bagi pengendara sepeda, sepeda motor, atau mobil serta beberapa studi kasus hal-hal yang sering terjadi di jalan raya. Triyanto juga menggarisbawahi pentingnya menjaga jarak antara sepeda dengan kendaraan bermotor untuk memberikan waktu antisipasi jika ada hal yang tidak diinginkan. Terlebih berdasarkan undang-undang yang berlaku saat ini memang pengendara kendaraan bermotor juga wajib mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda.

Komunitas sepeda yang jumlahnya terus tumbuh di Yogyakarta dan kota-kota lainnya memiliki peran penting dalam menciptakan kondisi lalu-lintas yang aman dan nyaman. Contohnya melalui edukasi kepada anggota serta pengkondisian rombongan komunitas saat bersepeda bersama. Dalam aktivitasnya, Saturday Bike mewajibkan anggotanya untuk menggunakan helm dan hanya memperbolehkan rombongan berjalan dalam satu baris agar tidak menganggu pengguna jalan lain.

Khusus di malam hari anggota Saturday Bike juga diwajibkan melengkapi sepedanya dengan lampu depan dan lampu belakang serta dihimbau untuk menggunakan pakaian yang berwarna terang agar lebih mudah terlihat.

“Kondisi lalu lintas yang aman dan nyaman adalah tanggung jawab bersama, baik pesepeda, pengendara sepeda motor, pengendara mobil, dan pengendara kendaraan bermotor lainnya. Mulai saat ini mari kita perkuat komitmen untuk mematuhi aturan yang berlaku, mengenakan perlengkapan keamanan berkendara yang lengkap serta menghargai hak orang lain”. tutup Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here