Aturan Baru F1 2021, Di Bikin Biar Balapan Lebih Seru

Foto: formula1.com

Per musim balap 2020, Formula One atau F1 akan mengaplikasikan aturan baru. Regulasi yang diubah mulai tampilan mobil hingga batasan biaya untuk tim pada musim 2021. Hal ini bertujuan agar perbedaan antar tim tidak terlalu mencolok. Selain utuk faktor safety, alasan utamanya adalah demi meningkatkan kuantitas dan kualitas pertarungan di lintasan serta agar perbedaan tim besar dan tim kecil dapat direduksi supaya tidak telalu jauh.

“Untuk meningkatkan kompetisi dan aksi di lintasan dan pada saat yang sama menjadikan olahraga itu bisnis yang lebih sehat dan menarik bagi semua orang,” ujar Bos F1, Chase Carey seperti dikutip dari autocar.uk. Kami, lanjut Carey, membuat banyak perubahan dengan menerima masukan dari tim dan berbagai stakeholder. “Aturan mesin baru mencakup aturan bahan bakar yang digunakan demi mengurangi dampak lingkungan,” ujarnya.

BACA JUGA  Sejarah Alpinestars Berawal Dari Kejuaraan Motocross Pertama

Salah satu peraturan yang diubah agar pertarungan seru dan kemampuan tim merata adalah peraturan keuangan. Ada batas biaya baru untuk tim yaitu 175 juta USD atau sekitar Rp 2,4 triliun selama satu musim. Batas biaya ini di luar gaji pembalap, pemasaran, kegiatan non-F1, bonus akhir tahun, dan biaya masuk FIA. Adapun perubahan aturan F1 2021 lainnya yang masuk ke ranah teknis adalah sebagai berikut.

Aerodinamika

Pembatasan akan diberlakukan di sejumlah area untuk membatasi dampak aerodinamika, meskipun aturan tersebut akan tetap memastikan diferensiasi visual di area seperti hidung, sayap depan, asupan mesin, dan sidepod. Akan ada sayap depan yang lebih sederhana. Ground effect akan ditambahkan oleh diffuser panjang di bawah masing-masing sidepod untuk memberikan penekanan pada cengkeraman mekanis.

Mesin dan Transmisi

Untuk memotong biaya mesin akan ada pembatasan baru. Pemasok mesin juga akan berkewajiban menyediakan mesin dengan spesifikasi yang sama untuk pekerjaan dan tim pelanggan. Konfigurasi transmisi akan dibekukan untuk periode tertentu dengan aturan yang lebih ketat. Satu desain ulang secara total akan diizinkan dalam siklus lima tahun.

BACA JUGA  Ini Daftar Pembalap MotoGP 2020

Roda  dan Rem

Ukuran roda menjadi 18 inchi. Ukuran cakram depan lebih besar dari 278 mm hingga 330mm dan memiliki geometri yang lebih sederhana (dengan lubang ventilasi lebih sedikit).

Sasis

Dimensi kokpit yang lebih besar sehingga driver yang tinggi tidak tertekan. Struktur lantai depan yang ditentukan akan diperkenalkan untuk menghentikan tim yang mencari keuntungan dari lantai fleksibel dan perlindungan balok samping yang kuat untuk membantu keselamatan dampak tubrukan dari samping.

Bahan Bakar

Konten terbarukan dari bahan bakar yang digunakan akan meningkat menjadi 20% untuk tahun 2021 dengan komitmen untuk meningkatkan persentase itu di tahun-tahun berikutnya. Sejumlah suku cadang standar baru untuk sistem bahan bakar juga akan diperkenalkan.

BACA JUGA  Ini Penjelasan Jorge Lorenzo Setelah Balik Lagi Ke Tim Yamaha

Berat

Minimum berat mobil akan meningkat dari 743 kg menjadi 768 kg untuk mengakomodasi ukuran roda baru, ban, suku cadang standar, fitur keselamatan, dan unit daya yang lebih berat.

 

Safety

Peningkatan penyerapan energi depan dan kekuatan sasis samping. Perbaikan sandaran kepala, roda, dan fitur baru untuk meningkatkan penahanan puing setelah kecelakaan.

 

Peraturan Balapan

Jumlah balapan maksimum akan meningkat menjadi 25. Akhir pekan lomba akan dikurangi menjadi tiga hari dari empat saat ini (yang saat ini terdiri dari tiga hari aksi on-track dan satu hari off-track). Akan ada pengurangan dalam jumlah pengujian terowongan angin dan pengembangan CFD diizinkan dan batas pada pengujian dinamometer unit daya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here