Aturan Pemakaian Mesin MotoGP Berubah dan Tes Moto2 dan Moto3 Ditiadakan

MotoGP Foto: motogp.com

Jumlah jadwal balap yang terus berkurang pada musim 2020 ini menyebabkan ada revisi untuk jumlah mesin yang akan dipakai per timnya, khususnya di kelas MotoGP dan Moto3. Begitu juga dengan tes pribadi yang kini tidak lagi diizinkan untuk kelas selain MotoGP.

Hasil dari penghapusan beberapa seri di kalender balap musim 2020 juga berpengaruh terhadap aturan teknis. Pemakaian mesin untuk setiap pembalap dibatasi sesuai dengan jumlah seri balap yang akan diadakan.

Misalnya mengenai jumlah mesin per pembalap di kelas MotoGP dan di Moto3. Tetapi ada juga konfirmasi bahwa kelas Moto2 dan Moto3 tidak akan dapat mengambil bagian dalam tes pribadi sepanjang tahun 2020. Mari kita lihat secara rinci.

BACA JUGA  Tiga Rookie MotoGP 2020, Siapa Bakal Bersinar?

Memang hingga saat ini total seri balap belum bisa dipastikan ada berapa. Ini juga tergantung dengan kondisi dan evolusi dari vrus corona di dunia. Sementara itu jumlah mesin yang tersedia untuk pembalap berubah. Untuk kelas MotoGP, jika akan digelar sebanyak 11 seri maka hanya akan ada 6 mesin untuk tim dengan konsesi dan 4 mesin untuk tim lainnya. Namun jika balapan bisa mencapai 14 seri, maka akan ada 7 mesin untuk KTM dan Aprilia (konsesi), dan 5 mesin untuk Honda, Ducati, Suzuki dan Yamaha.

Sedangkan perubahan ini juga untuk kategori kelas Moto3, akan selalu tergantung pada jumlah seri balap yang akan dimainkan selama musim 2020 ini. Kita berbicara tentang 9 mesin yang tersedia saat ini dan akan digunakan selama dua tahun. Jika ada 12 hingga 14 seri balap dalam jadwal kalender baru (termasuk GP Qatar sudah dimainkan), maka masing-masing pembalap akan mengandalkan 4 mesin. Tapi di sisi lain, jika bisa menggelar 14 ke 18 balapan Grand Prix (angka terakhir tampaknya tidak mungkin), maka mesinnya akan menjadi 5.

BACA JUGA  Sirkuit Catalunya Berharap Menjadi Seri Pembuka MotoGP Dan F1

Menyangkut Moto2 dan Moto3. Para pembalap di kedua kategori tidak akan dapat mengambil bagian dalam tes pribadi lebih lanjut tahun ini. Pilihan ini dibuat berdasarkan pendapatan keuangan tim (berkurang secara signifikan), yang juga akan mengurangi perbedaan antara tim besar dan tim kecil.

Akses ke sirkuit akan jauh lebih terbatas, seperti halnya pergerakan saat ini. Dunlop, pemasok tunggal dari dua kelas, juga mengumumkan bahwa sekarang jauh lebih sulit untuk menyediakan layanannya untuk tes pribadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here