Belanda Larang Kegiatan Olahraga Hingga September, Gimana Nasib MotoGP

MotoGP Assen, Belanda. foto: motogp.com

Permasalahan di balapan MotoGP sepertinya belum menemui titik terang kapan akan dimulai. Kabar terbaru adalah dengan pasti ditundanya balapan MotoGP di Assen Belanda yang sebenarnya akan tayang akhir Juni. Makanya jika putaran MotoGP Belanda di Assen akan diadakan tahun ini, hampir pasti perlu ditunda setidaknya dua bulan lagi.

Pada hari Selasa pemerintah Belanda memperpanjang larangan acara olahraga besar sampai 1 September dan secara signifikan hal ini juga berdampak pada olahraga populer di cabang sepakbola yang tadinya akan dibuat tertutup akhirnya akan dibatalkan kompetisi tahun ini. “Sampai [1 ​​September], tidak ada sepakbola profesional yang bisa dimainkan, meskipun tanpa penonton. Akibatnya, dewan sepak bola profesional bermaksud untuk tidak melanjutkan bermain di kompetisi 2019/20,” begitu sebuah pernyataan dari asosiasi sepakbola Belanda.

BACA JUGA  Fans MotoGP Sejati Adalah di Jerman, Meski Tidak Ada Balap Tetap Datang ke Sirkuit

Bagaimana dengan nasib olahraga balap khususnya MotoGP di Assen. Seperti kita tahu jika balapan di Belanda adalah salah satu balapan yang paling wajib dan tidak boleh dilewati. Khususnya buat para pembalap karena sirkuit Assen sudah seperti tempat sucinya para pembalap. Dan satu lagi TT Belanda di Assen, sudah menjadi bagian dari kalender tetap Grand Prix sejak musim perdananya tahun 1949 lalu, secara tradisional diadakan pada akhir pekan terakhir di bulan Juni. Acara tahun lalu menarik kerumunan hari balapan terbesar musim ini dengan 105.000 penggemar.

Penundaan kalender MotoGP tahun ini karena pandemi coronavirus berarti Belanda saat ini akan menjadi tuan rumah putaran kedua musim yang direvisi, satu minggu setelah Grand Prix Jerman. Namun Sachsenring juga mencari tanggal baru setelah pemerintah Jerman memperpanjang larangan pertemuan publik besar-besaran hingga 31 Agustus.

BACA JUGA  Marquez dan Rossi Tidak Masuk 100 Atlit Terkaya Versi Forbes

Dengan Finlandia yang belum menerima syarat homologasi untuk sirkuit dan membutuhkan tes ban sebelum perlombaan perdana di KymiRing, maka bulan Augustus semakin terlihat paling masuk akal untuk memulai balapan MotoGP lagi di tahun 2020 ini. Diharapkan sekitar sepuluh dari 20 seri balapan yang direncanakan masih bisa diselamatkan tahun ini. Minimal setengahnya jika tidak semua dan akan diadakan tanpa penonton.

Sementara acara MotoGP Belanda mungkin belum bisa di prediksi kapan timbul juga  keraguan tentang apakah putaran balapan WorldSBK yang sudah ditunda dari bulan April hingga Agustus masih dapat diubah lagi atau di batalkan semua.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here