Berapa Sih Gaji Mekanik MotoGP? Berikut Ini Ulasannya.

Foto: motogp.com

Bukan rahasia lagi jika pembalap mega bintang MotoGP seperti Valentino Rossi atau Marc Marquez yang dibayar mahal hingga jutaan dollar. Namun, berapa sebenarnya pendapatan support system dari pembalap-pembalap ini alias para mekanik. Apakah hanya bermodal kedekatan dan skil hebat saja cukup unutk mendapatkan nili bayaran yang tinggi.

Konsep money follow the skill atau bayaran mengikuti keahlian tentu saja berlaku di dunia permekanikan MotoGP ini. Yang berpengalaman serta dapat bekerja dengan cepat dan tepat tentu memiliki nilai yang lebih tinggi. Jadi, berapa perkiraan gaji para mekanik ini.

Menurut situs gpone.com, gaji mereka ini bila dirupiahkan ada yang mencapai miliaran rupiah untuk bayaran satu tahun. Sebagai yang bertanggung jawab penuh terhadap segala kegiatan di paddock, crew chief atau kepala kru mendapatkan porsi gaji yang paling besar. Biasanya, gaji mereka berkisar 40-130 ribu Euro per tahun (sekitar Rp 600 juta-Rp 2 miliar), tergantung kinerja dan prestasi.

BACA JUGA  MotoGP: Semua Sepakat Tidak Ada Pengembangan Motor Hingga 2022

Kebutuhan akan data yang semakinkrusial menempatkan mekanik analis data memiliki nilai yang tinggi. Dengan kemampuan analisanya, seorang analis data di tim MotoGP bisa memberi masukan tentang setingan motor yang kurang tepat. Selain itu, dari data yang diperoleh bisa memberikan masukan kepada pembalap untuk mengubah gaya balap untuk menyesuaiakan keperluan agar bisa melaju lebih cepat. Nah, soal bayaran, mereka biasanya mendapat sekitar 35-80 ribu Euro per tahun (sekitar Rp 539 juta-Rp 1,2 miliar), sesuai kemampuan dan pengalaman.

Untuk mekanik yang bertugas merakit dan merawat motor mulai dari suspensi, mesin, serta bagian-bagian lainnya, umumnya gaji mereka berkisar antara 25-70 ribu Euro per tahun (Rp 385 juta-Rp 1,1 miliar). Kecocokan dengan pembalap juga berpengaruh dalam kelangsungan karir para mekanik MotoGP yang rata-rata merupakan pekerja freelance ini. Kalau kinerja dan attitude oke tentu saja kemungkinan untuk terus dipakai jasanya akan lebih besar.

BACA JUGA  Rossi Kalah Balapan Virtual Dengan Leclerc 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here