Carlos Checa: Marquez Yang Terhebat Kalau Rossi Mending Pensiun Aja

Carlos Checa. Foto: motogp.com

Carlos Checa adalah pembalap terakhir yang dapat memberi Ducati gelar dunia Superbike. Dia melakukannya pada 2011, ketika dia bergabung di tim Althea Racing Genesio Bevilacqua. Carlos Checa percaya jika Marc Marquez adalah pembalap terkuat yang pernah ada di MotoGP dan menyarankan Valentino Rossi untuk berhenti balap pada akhir tahun 2020.

Mantan pembalap asal Spanyol itu bergabung dengan SBK pada 2008, setelah karirnya di MotoGP era 500cc berakhir. Pertama di SBK dia bergabung dua tahun di tim Honda, kemudian pindah ke Ducati tahun 2010 dan juara dunia setahun berikutnya. Pada 2013 dia mengundurkan diri dan pensiun di tim terakhirnya Ducati.

Dalam sebuah wawancara dengan Mundo Deportivo, Checa mengeluarkan kata-kata pujian yang besar untuk Marc Marquez, sang juara dunia delapan kali dan penguasa MotoGP dalam beberapa tahun terakhir. “Dia bisa menang dan mengalahkan semua motor pabrikan merek apa pun yang ada di MotoGP. Dia mungkin pembalap terbaik yang pernah saya lihat. Dan saya yakin itu dia yang paling lengkap yang pernah saya lihat selama karir saya,” kata Checa.

BACA JUGA  Graziano Yakin Rossi Masih Akan Lanjut Beberapa Musim Lagi

Mantan pembalap itu tidak yakin jika Andrea Dovizioso dan Ducati akan dapat menyulitkan Marquez musim ini, jika balapan dilanjutkan. “Ducati tidak berpikir ia akan menjadi saingan Marquez, karena ia memiliki beberapa pembalap yang sudah mencapai batas karirnya, baik Dovizioso maupun Petrucci. Saya pikir akan sulit bagi pebalap ini atau kombinasi pebalap, tim, dan motor ini untuk bisa bersaing. Dovizioso tidak mungkin menjadi lawan bagi Marc, seperti yang saya lihat pada 2019. Saya akan terkejut jika dia mampu,” ungkapnya.

Satu yang paling menarik adalah ketika Checa juga menyatakan pendapatnya tentang Valentino Rossi, yang kini berusia 41 tahun dan harus memutuskan apakah akan mengakhiri karir balapnya di MotoGP. “Dia adalah pembalap yang luar biasa, salah satu yang terbaik dalam sejarah. Melihatnya berjuang untuk berada di posisi 10 besar dan jatuh karena dia tidak dapat melakukannya, dengan Yamaha terbaru, itu tidak masuk akal! Ini bukan pertanyaan apakah akan melanjutkan atau tidak, ini pertanyaan untuk mengatakan, apakah yang dilakukan Valentino masuk akal? Secara pribadi saya ingin itu berlanjut selama 1, 2 atau 3 tahun karena saya pikir ini sangat menarik untuk kejuaraan dan itu adalah bahan yang sangat penting. Tetapi pada level olahraga saya tidak mengerti. Namun, itu keputusannya, saya menghormatinya dan semua penggemar harus sangat berterima kasih padanya,” tutur Checa.

BACA JUGA  Tak Akan Ada Yang Bisa Menggantikan Rossi di Hati Para Fans

Carlos percaya bahwa Rossi harus memilih untuk mundur, karena ia tidak lagi dapat terus berjuang untuk posisi teratas. Berhentinya musim olahraga, yang bahkan belum benar-benar dimulai untuk MotoGP, tidak membantu Rossi untuk membuat keputusan. Kita akan masih menunggu apa yang akan menjadi keputusan Rossi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here