Carlos Sainz Juarai Reli Dakar dengan Tiga Pabrikan Berbeda

Foto: dakar.com

Garis finish etape ke-12 Reli Dakar 2020 pada Jumat 17/1)di Qiddiya, Arab Saudi menandai kemenangan pereli tim JCW X-Raid, Carlos Sainz di Reli Dakar 2020 kategori mobil. “Saya sangat senang. Banyak perjuangan untuk bisa meraih hasil ini. Kami dapat memenangkan Dakar sejak hari pertama dan tak terhentikan sejak saat itu,” kata Sainz di laman resmi Dakar.

Bagi ayah dari pembalap Formula One Carlos Sainz Jr ini,raihan juara pada musim 2020 merupakan gelar juara Reli Dakar bersama tiga pabrikan berbeda. Sebelumnya, Carlos Sainz memenangkan Dakar 2010 menggunakan VW Race Touareg. Dia lalu mengulangi prestasinya pada 2018 ketika membawa mobil Peugeot 3008 DKR Maxi. Tahun ini Sainz juara dengan mobil Mini Buggy.

BACA JUGA  Reli Dakar Kembali Berduka, Satu Pereli Motor Meninggal

Meski sudah memiliki banyak pengalaman, pembalap asal Spanyol itu mengaku harus bekerja keras untuk menjadi yang terbaik di ajang ini. Sainz sukses menyelesaikan persaingan dengan total waktu tempuh 42 jam 59 menit 17 detik. Dia unggul 6 menit 21 detik dari sang juara bertahan Nasser Al-Attiyah asal Qatar yang membela tim Toyota Gazoo Racing. Sedangkan rekan satu tim Sainz, Stephane Peterhansel mengamankan posisi ketiga. Dia terpaut 9 menit 58 detik dari sang juara.

“Saya cukup senang, kami melakukan tugas dengan baik untuk finis kedua meski kami ingin sekali menang. Kami membuat dua atau tiga kesalahan selama ini dan banyak sekali bocor ban, tapi saya cukup senang,” kata Nasser Al-Attiyah. “Saya akan datang lagi tahun depan untuk menang. Saya hanya butuh sedikit keberuntungan.”

BACA JUGA  Dakar 2020, Honda CRF450 Rally Patahkan Dominasi KTM

Sementara itu rekan satu tim Sainz, Stephane Peterhansel, sebagai pembalap paling berpengalaman di Dakar, membuktikan diri masih memiliki kecepatan. Ia mengunci empat kemenangan dalam special stage tahun ini dan total 80 kemenangan etape sepanjang kariernya di Dakar. Stephane Peterhansel  sendiri sudah juara Dakar sebanyak 13 kali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here