Crutchlow: Jangan Coba-Coba Tiru Data Marquez Karena Bakal Cidera

Marc Marquez dan Cal Crutclow. Foto: motogp.com

Cal Crutchlow menggambarkan gaya mengemudi yang tak ada bandingannya dari juara MotoGP Marc Márquez. “Ini sangat luar biasa, anda tidak dapat meniru darinya.”

Cal Crutchlow adalah pembalap “serial” Honda, sedangkan Marc Márquez adalah fenomena yang tak ada bandingannya. Sebuah pengecualian yang memungkinkannya untuk menang di MotoGP. Tidak ada yang mampu menaklukkan RC213V seperti yang dilakukannya.

“Marc adalah bakat luar biasa, anak yang luar biasa untuk diajak bekerja sama,” jelas pembalap Inggris itu kepada BT Sport. Tidak perlu mempelajari datanya, “Sangat sulit untuk memahami bagaimana dia melakukannya karena dia menang ketika (motor) tidak dapat menang. Kamu tahu apa maksudku? Cara mengontrol dan menggeser sepeda motor, penggunaan rem belakang dan depan adalah sesuatu yang sangat, sangat luar biasa darinya,” kata Crutchlow.

BACA JUGA  Sudah Pastikah Suzuki Kontrak Alex Rins?
Jangan pernah meniru apa yang dilakukan oleh Marc. Foto: motogp.com

Cal Crutchlow sangat kagum pada gaya mengemudi Marc Márquez, kemampuannya untuk mencapai rekor tingkat kemiringan dan cara untuk menghindari jatuh pada detik terakhir. “Itu adalah sesuatu yang sangat spektakuler. Cara itu beradaptasi dengan situasi dalam suatu perlombaan. Karena, seperti yang kita tahu, dia sangat mencari batas tertinggi dalam setiap latihan dan kualifikasi. Dan dalam perlombaan dia tahu apa yang harus dia lakukan. Tetapi untuk menjadi begitu kuat, minggu demi minggu, di semua tes, kualifikasi dan balapan, untuk finis pertama atau kedua di setiap perlombaan kejuaraan, mungkin pada paket setingan yang di beberapa sirkuit tidak sebagus yang lain. Singkatnya, dia bisa memenangkannya dalam semua kondisi.”

BACA JUGA  Mick Doohan Bicara Soal Valentino Rossi, Marc dan Misteri Alex Marquez
Susah mengikuti gaya Marc Marquez. Foto: motogp.com

Tak dapat ditiru

Tidak perlu mencoba untuk meniru dia, setiap pengemudi akan jatuh di atas aspal dengan konsekuensi yang tidak terduga. “Dia tidak terkalahkan karena dia telah dikalahkan dalam beberapa balapan, tetapi dia adalah bakat yang luar biasa. Dan senang mempelajarinya di satu sisi. Tetapi di sisi lain anda tidak dapat belajar darinya karena jika anda mencoba melakukan apa yang dia lakukan, itu tidak berakhir dengan baik. Kadang-kadang anda harus melakukan beberapa hal yang dilakukannya, tetapi anda harus menyaring apa yang tidak dapat anda lakukan,” lanjut Crutchlow

Tidak heran jika Marc Márquez dan HRC telah menandatangani selama empat musim balap, sebuah peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah MotoGP. “Jika anda mendapatkan penawaran yang valid di meja yang sangat anda sukai, dengan tim hebat yang mendukung anda 100% minggu demi minggu. Dan anda tahu mereka akan melakukan apa saja untuk memuaskan anda, mengapa tidak. Saya pikir mereka melakukan hal yang benar,” ungkap Crutchlow.

BACA JUGA  Ini Komentar Presiden FIM Soal Anthony West

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here