Demi Pembalap Cepat, Ducati Mulai Buka Hati

Foto: motogp.com

Salah satu kabar yang lekat dengan Ducati adalah All Itallian MotoGP Winner. Sebagai pabrikan motor asal Italia, Ducati disinyalir ingin meraih gelar juara dunia MotoGP dengan pembalap berkebangsaan Italia. Ide ini perah dicoba dengan merekrut sang legenda Valentino Rossi meskipun hasilnya buruk. Namun, seperti dilansir Autosport, di masa sekarang, Ducati membuka hatinya untuk menggaet pembalap non-Italia untuk tim pabrikannya di MotoGP 2021.

“Seberapa penting punya pembalap Italia? Bisa dikatakan tidak terlalu penting,” ujar CEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicali, dalam peluncuran tim di Bologna, Italia, 23 Januari lalu. Pernyataan Domenicali ini menegaskan bahwa Ducati sama sekali tak fokus menggaet pembalap Italia, dan sangat terbuka pada kemungkinan menggaet pembalap non-Italia untuk tim pabrikannya di MotoGP 2021.

BACA JUGA  Ini Yang Terjadi Jika 1 Sirkuit Untuk 3 Kali Balapan

Domenicali menyatakan Ducati tak memedulikan kebangsaan pembalap yang membela tim pabrikan yang bermarkas di Bologna Italia tersebut. “Kami membangun sejarah dengan para rider Australia, Italia, dan Inggris. Carl Fogarty (Inggris) menjadi bagian potongan sejarah Ducati di WorldSBK yang fantastis. Kami tak peduli kebangsaan rider,” lanjutnya.

Hal ini seperti yang telah diminta General Manager Ducati Corse, Gigi Dall’Igna, sosok yang membawa Jorge Lorenzo (Spanyol) ke tim mereka pada 2017-2018 lalu. “Gigi sangat tegas soal ini dan saya sepakat,” lanjut Domenicali. “Kami ingin rider cepat, dan beruntung punya rider Italia yang cepat. Ini positif.” Kejayaan Ducati menjadi juara dunia MotoGP juga diraih bersama pembalap non Italia, yaitu Casey Stoner pada 2007.

BACA JUGA  Janji Duo Marquez di Hadapan Pecinta MotoGP Indonesia

Dalam perburuan pembalap untuk musim depan, Ducati kalan cepat dan mengalami dua kehilangan besar, usai Yamaha mengumumkan kontrak Maverick Vinales dan Fabio Quartararo. Sementara Alex Rins dan Joan Mir sudah santer dikabarkan bertahan di Suzuki. Ducati sebenarnya punya dua pembalap muda di Pramac Racing, yakni Jack Miller (Australia) dan Francesco Bagnaia (Italia) yang bisa diproyeksikan menjadi juara dunia di masa mendatang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here