Dorna Bimbang Akan Terus Atau Batalkan MotoGP 2020, Mengapa?

Foto: motogp.com

Sengkarutnya jadwal balap MotoGP 2020 yang diakibatkan wabah viruscorona membuat pelaku maupun fan MotoGP semakin tidak yakin dengan gelaran ini. Ketidakyakinan tersebut terutama adalah mulai hilangnya keyakinan jika balap musim ini masih akan dilanjutkan atau tidak.

Beberapa hari terakhir di beberapa situs yang khusus memuat MotoGP baik situs resmi MotoGP.com atau yang lainnya mulai membahas tentang kemungkinan batalnya balapan musim ini. Dan untuk pertama kalinya Dorna berbicara secara terbuka dalam siaran pers resmi tentang kemungkinan pembatalan musim balap 2020 seluruhnya. Hipotesa ekstrem ini tercantum dalam siaran pers resmi mereka, namun juga penting di tegaskan ini adalah “jalan terakhir”.

Tapi diatas semua itu kemungkinan adalah terbuka dan cukup besar mengingat masalah yang ada belum terlihat jelas kapan akan berakhir. Dan itu bisa menjadi keputusan yang tak terhindarkan jika karantina terus berlanjut dan perbatasan negara tetap tertutup. “Jika pandemi terus membuat hidup kita dan olahraga kita berhenti lebih lama dari yang kita kira dan pembatasan perjalanan tetap berlaku, maka hanya sebagai upaya terakhir Dorna akan mempertimbangkan membatalkan musim 2020 bersama dengan FIM, Irta dan MSMA,” di kutip dari rilis resmi Dorna.

BACA JUGA  Ribut Sama Penjaga Vilanya, Rossi Dituntut Pengadilan

Ini adalah bagian paling sensasional dari siaran pers yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi Kejuaraan Dunia Roda Dua yang bagaimanapun, ditujukan terutama untuk meyakinkan semua profesional dan penggemar. Tetapi ada Prioritas yang ingin di capai dan dikejar Dorna yakni secara terbuka memulai kejuaraan secepat mungkin dan dengan jumlah balapan maksimum.

“Pandemi virus korona terus berlanjut dan telah memaksa kami untuk mengubah kalender 2020 untuk kejuaraan dunia MotoGP, menunda atau menjadwal ulang serangkaian balapan,” tulis perusahaan asal Spanyol itu. “Mengingat ketidakpastian yang berkelanjutan, Dorna ingin menegaskan kembali bahwa tetap ada balapan adalah prioritas pertama kami di tahun 2020,” lanjutnya.

Dari catatan yang dimuat di situs motogp.com tersebut juga mengatakan jika, “Kami tetap terus melakukan diskusi konstan dengan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM), IRTA (asosiasi tim), MSMA (asosiasi pabrikan) dan penyelenggara Grand Prix untuk memantau situasi lebih lanjut. Mungkin dengan tetap menjaga saluran komunikasi dan dukungan yang tetap terbuka di antara setiap rekanan dari olahraga kami. Tujuan semua orang yang terlibat disini adalah dengan memulainya lagi segera setelah kami bisa melakukannya dengan aman.”

BACA JUGA  Siapa Saja Yang Incar Posisi Rider Utama Ducati MotoGP 2021

Semua tujuan yang ingin dicapai oleh pasukan Carmelo Ezpeleta ini tentu saja juga akan tergantung pada keputusan berbagai negara yang terlibat: “Kami selalu fokus, dan akan terus melakukan upaya untuk menggelar balapan di musim 2020 dengan Grand Prix sebanyak mungkin. Namun begitu, kami akan selalu bertindak sesuai dengan arahan dan klaim kesehatan dan keselamatan pemerintah dan otoritas kesehatan terkait.”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here