Format Baru Untuk Kejuaraan MXGP 2020

MXGP. Foto: otosportif.com

Infront Moto Racing (promotor MXGP) sedang memikirkan untuk adanya perubahan drastis untuk musim MXGP 2020, termasuk mengurangi program kelas Kejuaraan Dunia menjadi hari Minggu.

Pada hari Selasa secara resmi dikonfirmasi bahwa MXGP-WM harus menunda rencana restart lagi. Menurut pembaruan kalender atau jadwal terbaru, 2 Agustus akan dijadwalkan untuk Grand Prix di Orlyonok / Rusia. Pada saat yang sama, promotor Infront Moto Racing sedang mempertimbangkan langkah-langkah lebih lanjut untuk dibahas dengan asosiasi dunia sepeda motor FIM.

Langkah pertama yang akan diambil adalah adalah untuk memfokuskan balap MXGP dan MX2 pada hari Minggu, sedangkan Kejuaraan Eropa (EMX) dan Kejuaraan Dunia Wanita (WMX) akan diadakan pada hari Sabtu. Sesi latihan (Latihan bebas dan kualifikasi) akan direncanakan untuk kelas Kejuaraan Dunia pada hari Minggu, tetapi khusus balapan kualifikasi harus dibatalkan. Jadwal baru ini bertujuan untuk mengurangi biaya dan hanya berlaku untuk tahun 2020 dan dan tidak berlaku untuk balap diluar Eropa. Seperti diketahui jika MXGP 2020 masih dijadwalkan untul luar Eropa seperti seri Cina, Indonesia dan Argentina.

BACA JUGA  Jadwal MXGP 2020 Terbaru di Rilis, Dua Seri Dibatalkan, Mana Saja?

“Karena kami nantinya akan memiliki banyak balapan di akhir pekan secara berturut-turut di tahun yang sangat istimewa ini. Kami ingin mengurangi biaya dan membantu tim mengatasi situasi ini. Kami akan memfokuskan kelas EMX dan WMX pada hari Sabtu dan khusus hari Minggu hanya untuk MX2 dan MXGP. Perubahan ini hanya akan berlaku hingga 2020, pada 2021 kita akan kembali ke skenario normal,” kata David Luongo, CEO Infront Moto Racing.

David Luongo

Rencana menggelar edisi ke-74 Motocross of Nations (MXoN), yang akan berlangsung pada 27 September di Ernée, Prancis masih berjalan selama ini. Kejuaraan Dunia ini dapat diadakan sebagai bagian dari Motocross of Nations dengan tetap memberikan poin kepada pembalap. Para pembalap MXGP dan MX2 peringkat teratas, yang seharusnya tidak masuk dalam pemilihan negara mereka, akan dilengkapi dengan wildcard untuk ini. Ini akan membuat acara ini menjadi lebih penting dan pada saat yang sama memperluas cakupan Kejuaraan Dunia lebih luas.

BACA JUGA  Mengapa Andrea Dovizioso Hanya Berlatih Motorcross Dengan 250cc?

“Menyangkut MXoN sendiri kami memiliki beberapa ide untuk wildcard, tapi kami masih menganut pada sistem dan pertama-tama kami akan membahas semua aspek ini dengan FIM. Tapi aku bisa meyakinkan semua jika pembalap terbaik akan ikut di kompetisi ini,” tambah David.

Balap tanpa penonton saat ini tidak menjadi agenda bagi Infront Moto Racing. Karena penjualan tiket adalah elemen kunci dari faktor keuangan, begitu juga dengan dua Grand Prix berturut-turut di tempat yang sama (seperti di MotoGP), saat ini bukan pilihan. Sebaliknya, promotor Kejuaraan Dunia ini berharap akan memiliki jadwal resmi di bulan Juni. Kemudian seri internasional lainnya seperti Kejuaraan Dunia Supercross akan kembali dilangsungkan.

BACA JUGA  Resmi, Antonio Cairoli Perpanjang Kontrak dengan Tim Red Bull KTM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here