Habis Ultah, Rookie MotoGP Iker Lecuona Langsung Operasi

iker Lacuone
foto: redbullktm

Sehari setelah merayakan ulang  tahun ke-20nya pada 6 Januari, pembalap rookie MotoGP Iker Lecuona langsung operasi. Iker Lecuona yang musim balap MotoGP 2020 ini membalap untuk Red Bull KTM Tech 3 menjalani operasi pada lengan kanannya yang mengalami chronic exertional compartment syndrome. Operasi dilakukan di di Spanyol pada Selasa (7/1/2020).

Iker Lecuona merupakan salah satu debutan yang paling ditunggu-tunggu di MotoGP. Dengan usia yang masih sangat belia, karakter membalapnya diprediksi akan sangat menyatu dengan motor KTM RC16. Lecuona sejatinya telah menjalani debut balapan MotoGP di Valencia, Spanyol, pada November lalu, saat ia diminta menggantikan Miguel Oliveira yang kala itu tengah cedera bahu kanan. Ia saat itu ia bersekempatan memperebutkan poin, namun sayangnya terjatuh di pertengahan balap.

BACA JUGA  Marc Maquez Janji Sudah Fit 100% Saat di Qatar

Seperti dilansir dari Crash.net, Lecuona telah mengalami chronic exertional compartment syndrome dalam beberapa waktu belakangan namun belum diambil tindakan operasi. Chronic exertional compartment syndrome merupakan cedera yang biasanya dialami oleh atlet muda yang berpartisipasi dalam kejuaraan olahraga fisik yang repetitif, dan punya gejala seperti cedera arm pump.

Selama ini, sindrom ini pun biasanya diatasi Lecuona tanpa perlu operasi, namun tampaknya kondisinya semakin memburuk hingga operasi akhirnya harus dilakukan demi ia bisa bersiap lebih matang dalam menghadapi debut di MotoGP 2020. Menurut twit yang diunggah Tech 3 di Twitter, Lecuona diperkirakan bakal cukup fit untuk turun di uji coba pramusim Sepang, Malaysia, pada 2-4 (shakedown) dan 7-9 Februari.

BACA JUGA  Warna Resmi KTM Factory dan KTM Tech 3 {Galeri Foto}

Iker Lecuona akan menjadi rider termuda di grid MotoGP 2020 dan juga merupakan rider dengan pengalaman paling sedikit karena baru menjalani 56 start di ajang Grand Prix. Iker Lecuona serius mengawali balap di ajang supermoto. Mulai masuk ke Moto2 sebagai pembalap pengganti dan jadi pembalap tetap sejak 2017 hiingga 2019.

hasil terbaik selama karirnya di Moto2 hanya berbuah dua podium, yaitu kedua di GP Valencia 2018 dan podium ketiga di GP Thailand 2019. Di klasemen, Iker Lecuona paling terbaik berada di posisi 12 yang diraihnya pada 2018 dan 2019. Di Red Bull KTM Tech 3, Iker Lecuona menggantikan posisi Hafizh Syahrin.

BACA JUGA  Ini Penjelasan Jorge Lorenzo Setelah Balik Lagi Ke Tim Yamaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here