Honda Akan Berada Dalam Krisis Jika Tanpa Marc Marquez

Alex dan Marc Marquez saat tes Valencia. Foto: motogp.com

OTOSPORTIF – Alberto Puig sebagai manajer tim HRC di MotoGP menunjukkan kecerobohan dalam pergerakan pasar pembalap yang akan berisiko dan hanya Marc Marquez yang menang.

Alberto Puig memulai sebagai manajer tim Honda pada awal 2018. Dua gelar MotoGP untuk Marc Marquez, dua gelar pabrikan dan dua untuk tim adalah hasil yang ia capai.

Namun, hasil yang bagus tidak mencerminkan suasana santai di kotak HRC. Sebuah tanda nyata dari isu yang menaungi kakak beradik Marquez menjadi masalah sendiri.

Keputusan untuk mengganti Alex dengan memberi ruang bagi Pol Espargaro adalah sebuah pisau bermata dua. Di belakang keputusan kontrak tentu ada tekanan dari mantan pembalap Catalan itu, yang juga telah ikut andil dalam mengeluarkan Dani Pedrosa dari tim HRC.

Hidup berdampingan dengan Alberto yang cukup kasar itu sulit, tetapi langkah untuk meminta Jorge Lorenzo terbukti merupakan kegagalan pribadi. Lorenzo tidak pernah menemukan perasaan yang tepat dengan Honda RC213V. Lorenzo juga tidak bisa meminta untuk mengubah motor sesukanya.

Pembalap yang menang memutuskan jalan mana yang akan diambil dalam evolusi sebuah motor. Tetapi konsekuensi langsung dari keputusannya membawa Pedrosa ke KTM dan bersamanya banyak rahasia pengetahuan teknis.

Lorenzo dapat melakukan hal yang sama dengan Yamaha, Cal Crutchlow, korban yang akan ditunjuk berikutnya, dapat memutuskan untuk mendarat di Aprilia. Belum lagi bahwa penolakan terhadap Alex Marquez dapat mendorong juara Moto2 untuk mencari-cari merek MotoGP lainnya.

Pol Espargaro akan mewakili pertaruhan hebat lainnya, kurangnya kepercayaan terhadap Alex Marquez akan menjadi bumerang yang bisa menjadi bumerang.

Kejadian dimana tiba-tiba Jorge Lorenzo (dia menandatangani kontrak dengan Yamaha dua bulan setelah perpisahannya dengan MotoGP!) menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak berfungsi dalam manajemen Puig.

Tidak seorang pun di HRC memastikan bahwa ini tidak dapat terjadi, dengan pengecualian adanya virus Covid-19. Jika Alex menerima kepindahan ke LCR Honda, Cal Crutchlow akan didekati oleh banyak pabrikan, baik sebagai pembalap maupun sebagai tesr rider.

Dan masih belum diketahui apa yang terjadi dalam benak Marc Marquez setelah perlakuan yang akan diterima adiknya tersebut. Tentunya ini berhubungan dengan  tanda tangan empat tahun baginya.

Honda RC213V tanpa dia akan menjadi prototipe yang akan dibangun kembali dari awal. Penanganan Alberto Puig di MotoGP dapat segera menjadi bencana jika ada yang tidak pas dengan hati Marc Marquez.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here