Iker Lecuona Peluang Besar Menjadi Best Rookie Tahun Ini

Iker Lecuona. Foto: motogp.com

Dari tiga pemula yang hadir di MotoGP tahun ini, Iker Lecuona adalah orang yang memiliki kesempatan untuk melakukan debut  lebih awal. Cedera yang dialami oleh rekan setimnya Oliveira, memungkinkannya untuk merasakan bermain di kelas MotoGP di Valencia 2019, meskipun saat itu dia tidak terlalu beruntung karena kecelakaan dalam lomba. Pembalap muda Spanyol ini membidik gelar rookie terbaik di KTM Tech3, dengan bantuan Pedrosa dan rekan-rekan tim KTM.

“Kami mulai berbicara dengan Hervé Poncharal di Jepang. Dia menawari saya kesempatan ini untuk musim 2020. Saya bilang dia gila,” kata Iker. Namun hal ini adalah lompatan yang baik untuk pembalap Valencia ini, yang hanya pernah mendarat di MotoGP pada 2016 lalu. “Saya harus jujur, itu tidak mudah untuk mengatakan iya, tapi ini adalah kesempatan yang terjadi sekali dalam seumur hidup dan saya harus mengambilnya.”

BACA JUGA  KTM Mulai Tes di Austria Bersama Espargaro dan Pedrosa
Iker Lecuona berharap Rookie of The Year Foto: motogp.com

Semenjak dia bergabung di tim Tech3 KTM dia sangat terkejut dengan performa motor yang dikembangkan dengan bantuan Pedrosa ini. “Motornya benar-benar luar biasa. Di lap pertama saya terkesan terutama dengan power dan pengereman. Ini menurut saya adalah dua aspek gila dari RC16,” kata Iker yang selama ini juga banyak dibantu oleh Pol espargaro tentang informasi motor KTM.

Tak hanya Espargaro saja yang memberi banyak masukan namun Dani Pedrosa yang juga merupakan Test Rider resmi pabrikan KTM juga banyak membantu memberikan data dan informasi cara menaklukan RC16. “Saya berbicara dengannya(Pedrosa) selama tes di Malaysia. Itu sangat membantu saya, karena saya punya banyak masalah dengan adaptasi. Dia memeriksa semua yang ada di trek, mendorong saya untuk tetap tenang, memberi saya berbagai saran. Khususnya ketika saya harus mengerem dengan cara ini atau itu, juga berusaha cara menggeser bobot tubuh lebih sedikit,” ungkap Lecuona.

BACA JUGA  Danilo Petrucci Akan Bertemu Dengan KTM dan Ada Perjanjian Lisan

Akhirnya setelah beberapa kali mengikuti tes resmi dan tes private dia sudah mulai bisa beradaptasi dengan baik. “Di Qatar saya mengikuti Miguel [Oliveira] selama beberapa putaran, itu banyak membantu saya. Saya senang menerima bantuan ini. Saya ingin memenangkan gelar Rookie of the Year. Saya tahu itu akan sulit, tetapi saya pikir tidak ada hal yang mustahil,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here