Ini Daftar Sirkuit MotoGP Yang di Prediksi Mengalami Pengunduran

Keseruan balapan MotoGP 2020 yang terus tertunda. Foto: motogp.com

Perkembangan terakhir MotoGP adalah dengan diundurnya jadwal GP Argentina hingga November. Pengunduran jadwal ini sudah ke tiga kalinya sejak Thailand dan Amerika kemarin, kini gelaran MotoGP berada di ujung tanduk. Meski sudah keluar jadwal terbaru namun jika situasi tidak berubah akan banyak lagi penundaan atau bahkan pembatalan seri MotoGP di beberapa negara.

Beberapa sirkuit yang kemungkinan besar tidak bisa menyelenggarakan balapan setelah Argentina tentu sangat banyak. Kita bisa memprediksi beberapa sirkuit yang kemungkinannya paling besar tidak bisa menggelar MotoGP on schedule. Kita ambil gelaran balapan ini hingga 6 bulan kedepan yang sudah di sesuaikan dengan jadwal terbaru. Sirkuit atau negara yang kemungkinan diundur antara lain Le Mans, Perancis (17 Mei), Mugello, Italia (31 Mei), Sachsenring, Jerman (21 Juni), Assen, Belanda (22 Juni), KymiRing Finlandia (12 Juli), Brno, Rep. Ceko (9 Agustus), Red Bull Ring, Austria (16 Agustus), Silverstone Inggris (30 Agustus), Misano, San Marino (13 September).

BACA JUGA  Valentino Rossi: Saya Pingin Punya Anak Masalahnya Saya Tidak Pernah Siap

Hampir dari separo sirkuit yang kita prediksi akan diundur atau di batalkan tersebut semuanya ada di benua Eropa. Ingat ini hanya prediksi belum menjadi fakta yang sebenarnya, karena jika melihat perkembangan dan situasi yang belum membaik kelihatannya musibah ini akan berlangsung cukup lama hingga pemulihannya. Otoritas pemerintahan yang disiplin dan tegas di negara-negara Eropa terhadap antisipasi penyebaran virus Covid-19 ini tentu akan di berlakukan terhadap semua event yang banyak mengumpulkan massa. Tak mau ambil resiko biasanya mereka minta penjadwalan ulang atau pembatalan.

Kini MotoGP hanya berharap bisa di langsungkan sebanyak 13 seri mengingat minimnya sirkuit atau negara yang mau menjadi tuan rumah setelah adanya musibah ini. Banyaknya gelaran yang diundur dan juga pembatalan uji coba di Jerez oleh KTM membuktikan jika masalah belum terlihat akan cepat teratasi. Kini harapan hanya ada di negara Spanyol, Malaysia dan Portugal yang bisa menjadi solusi untuk gelaran ini agar bisa tetap tayang tahun ini.

BACA JUGA  Fabio Quartararo Tak Ambil Pusing Kontrak MotoGP 2021

Nah yang paling memungkinkan untuk menggelar balapan pembuka kelas MotoGP adalah Spanyol (Jerez) yang akan menjadi tuan rumah pada awal Mei nanti. Disinilah kekuatan dan kehebatan penyelenggara MotoGP yakni Dorna akan di uji. Sebagai promotor yang berasal dari Spanyol seharusnya Dorna yang di komandoi oleh Carmelo Ezpeleta mempunyai daya tawar yang lebih. Sebagai orang Spanyol, Ezpeleta tentu mempunyai banyak relasi di pemerintahan dan bisa membujuk atau setidaknya berbicara tentang kemungkinan menggelar balapan di Spanyol.

Namun jika ternyata Dorna juga gagal meyakinkan otoritas pemerintah Spanyol dan akhirnya juga mengundurkan jadwal di Jerez maka semuanya berakhir. MotoGP akan pasti di batalkan tahun ini atau diundur hingga waktu yang belum di tentukan. Jerez bakal menjadi kunci utama gelaran MotoGP tahun ini. Sudah ada 3 seri yang terlewatkan dan harus di jadwal ulang, jika Jerez juga batal tayang sesuai jadwal maka tamat sudah tahun ini tanpa ada balapan.

BACA JUGA  Tingginya Gaji Marc Marquez Berpengaruh Buruk Buat Karirnya

Analisanya adalah jika Dorna sebagai promotor yang berasal dari Spanyol saja gagal menayangkan MotoGP di negaranya sendiri, bagaimana mungkin negara lain bisa di yakinkan. Yang jelas kita sebagai fans ajang MotoGP pingin semuanya berjalan sesuai jadwal tanpa ada halangan. Namun memang kondisinya begini dan siapapun tidak ada yang berharap ada pembatalan MotoGP. Tapi demi Fans dan pelaku balap MotoGP sendiri, harusnya Dorna segera memberi keputusan tentang balap MotoGP ini akan di teruskan atau tidak, agar para pecinta dan pelaku mendapat kepastian dan tidak menunggu terus menerus. Dan Semoga segera ditemukan obat penawar buat Virus Corona ini agar dunia segera pulih seperti sediakala dan balapan segera bisa di mulai.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here