Ini Gebrakan Aprilia Agar Bisa Kejar Barisan Depan

Aprilia RS GP. Foto: motogp.com

Tes resmi MotoGP pada Februari mendatang akan menjadi ajang pembuktian riset dan pengembangan motor yang telah dilakukan pabrikan-pabrikan MotoGP selama musim lalu. Untuk mengejar ketertinggalan yang  dirasa masih jauh, Aprilia Racing berupaya melakukan ubahan besar di motor mereka, Aprilia RS-GP 2020. Ubahan signifikan dilakukan di sektor mesin demi mengejar ketertingalan di sektor power mesin dan kecepatan puncak.

Dilansir La Gazzeta dello Sport, pabrikan motor asal Italia tersebut menyiapkan gebrakan dengan ubahan pada sektor mesin berkofigurasi empat silinder V4 yang selama ini digunakan. Jika sebelumnya Aprilia menggunakan konfigurasi V4 dengan sudut 75 derajat, tidak demikian di musim MotoGP 2020 ini.

Untuk MotoGP 2020 ini Aprilia berubah. Konfigurasi V tetap dipakai agar sasis tidak perlu perubahan radikal. Namun, sudut antar silinder yang tadinya 75 derajat diubah menjadi 90 derajat. Konfigurasi V4 90 derajat ini mirip dengan mesin MotoGP pabrikan Honda dan Ducati. Dengan ubahan ini, Aprilia menargetkan peningkatan 10% tenaga.

BACA JUGA  Max Biaggi Dalam Misi Rahasia di Test Misano untuk Aprilia

Selain sektor mesin, tim yang bermarkas di Noale, Italia tersebut juga dilaporkan melakukan investasi besar untuk mendapatkan paket motor yang lebih baik secara keseluruhan. Aprilia menjalin kerja sama dengan teknisi Formula 1 dalam mengulik sistem elektronik dan aerodinamika supaya mendapatkan hasil maksimal pada motor Aprilia RS-GP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here