Ini Perbedaan dan Persamaan Suzuki Ertiga dan XL 7

XL 7 2020 dan All New Ertiga

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Sejahtera Sunindo Trada selaku diler utama, secara ekslusif meluncurkan produk baru dari Suzuki yaitu Suzuki XL7 The Ordinary SUV di Kota Semarang, Minggu (23/2) untuk wilayah Jateng dan Sekitarnya. Bertempat di obyek wisata Dusun Semilir, Kabupaten Semarang. Peluncuran Suzuki XL7 berlangsung di beberapa kota di Indonesia, dan Kota Semarang menjadi lokasi ke-11 diadakannya gelaran penting bagi Suzuki yang telah berkontribusi selama 50 tahun di Indonesia.

Launching XL 7 di Jawa Tengah

Seperti di ketahui jika Suzuki XL7  memang banyak menggunakan platform Suzuki All New Ertiga tetapi meski platform sama secara desain dan fungsi berbeda. Sebenarnya sah-sah saja menggunakan platform sama toh banyak merek lain juga melakukan hal sama. Lalu dimanakah letak persamaan dan perbedaan yang ada pada XL 7 dan Ertiga, kalau persamaan bisa di lihat secara fisik namun jika perbedaan ada lebih dari 200 item yang membedakan antara keduanya. Tetapi sebelum kita melihat perbedaannya lebih baik kita infokan persamaan antara keduanya.

Persamaan All New Ertiga dengan Suzuki XL7

Kedua mobil ini mesinnya sama-sama mengusung dan menggunakan mesin Suzuki K15B (EURO 4), 1500cc DOHC 16 Valve dengan pengaturan katup variable ciptaan Suzuki bernama VVT, power 104,7/6000 (PS/rpm) dan torsi 138Nm. Kemudian pada Sasis utama juga menggunakan model yang sama yakni Heartect. Karena dirasa desain interior terutama dashboard masih sangat bagus pada XL 7 hampir mirip tapi ada satu item yang membedakan.

BACA JUGA  Grand Launching Website Arista Group

“Jumalah tempat duduk masih sama yakni 3 baris dan bisa untuk 7 penumpang. Suzuki juga masih mempertahankan bagian belakang karena kami juga mempertimbangkan masukan dari konsumen. Ketika bagian belakang dirasa desainnya bagus kita masih tetap mempertahankannya. Begitu juga dengan bentuk lampu belakangnya yang juga masih mengikuti tipe All New Ertiga,” kata Donny Saputra, 4W Marketing Director PT. SIS di sela-sela launching XL 7 di Semarang.

Selain itu ada beberapa item yang juga sama digunakan pada All New ertiga antara lain, AC Digital, Hild Hold Control dan ESP, Rear Camera / Kamera Belakang, Double Airbags, ABS dan EBD dan Arm rest di baris kedua.

Perbedaan XL 7 & All New Ertiga

Yang membedakan antara XL 7 dan Ertiga paling mencolok tentunya adalah karakter dari mobil itu sendiri. Khusus XL 7 ini lebih berkarakter SUV sedangkan untuk Ertiga masih masuk dalam katagori MPV. Selain itu tentu banyak sekali perbedaan antara keduanya baik secara desain tampilan maupun fitur yang di berikan. Dari desain sendiri sudah terlihat berbeda terutama dari bentuk depan serta memiliki bodi yang lebih tinggi dan lebih panjang yakni Panjang 4.450mm, Lebar 1.775mm, Tinggi 1.710mm, Ground Clearance 200mm, Radius Putar 5.1m.

BACA JUGA  Ini Detail Jadwal Launching Suzuki Ecstar MotoGP 2020

Desain dari XL 7 pun lebih terlihat lebih sporty dan gagah berkat adanya muscular sweeping cross bar-front chrome grilled design, bold LED headlamp, dan roof rail. Bagian kaki-kaki XL7 mendapatkan penyesuaian karena lebih ke SUV yakni dengan ukuran ban 195/60/R16 sedangkan Ertiga menggunakan ban 185/65/R15. “Ada beberapa perubahan jika dibandingkan dengan Ertiga, bila kita lihat secara detail. Ada ratusan komponen, tepatnya 211 komponen yang berbeda antara XL 7 dengan produk All New Ertiga. Salah satunya yang paling nampak adalah bagian depan dan Fitur lampu depan XL7 sudah LED dan letak DRL nya menyatu dengan headlamp,” tambah Donny.

Di bagian dalam kabin XL 7 memiliki ruangyang cukup luas dan juga ada beberapa penambahan fitur-fitur baru. Pada XL7 ada arm rest di baris ke-1 dan 2 untuk varian tertinggi serta memiliki power outlet untuk charger hingga baris ke tiga. Sedangkan pada dashboard pemakaian Speedometer XL7 diambil dari Baleno yang lebih sporty dan juga monitor XL7 lebih besar dari All New Ertiga yaitu 8 inch. Sedangkan untuk memanjakan telinga di XL 7 sudah ada penambahan dua buah speaker Tweeter.

Dibagian samping juga terlihat sangat berbeda pemakaian Over vender di XL7 dengan lapisan plastik hitam dan warna two tone di XL7 pada versi tertinggi yakni XL 7 Alpha terlihat kuat karakter SUV nya. XL7 sudah dilengkapi dengan fitur smart E-mirror dan fitur keselamatan baru Pedestrian Protection yang berfungsi untuk meminimalkan cedera pada pejalan kaki pada saat terjadi tabrakan. Selain itu masih ada 300 part / komponen yang berbeda dengan All New Ertiga pada Body Control Modul (BCM), ECU (Engine Control Unit), kaki dan ruang bakar.

BACA JUGA  Banyak Keuntungan Beli Mobil Toyota di Nasmoco, Apa Saja?
XL 7 2020

Suzuki XL7 tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomoatis 4-percepatan. Ada 6 pilihan warna, diantaranya rising orange, brave khaki, prime cool black, pearl snow white, pearl burgundy red, dan metallic magma grey. Serta 3 varian yaitu Zeta, Beta dan Alpha. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 238 juta hingga Rp 275 juta on the road (OTR) Jateng.

Joko Setiyono, General Manager PT Sejahtera Sunindo Trada menambahkan, saat ini XL 7 ready stock 50 unit, dan sudah ada pesanan sebanyak 10 unit di wilayah Semarang. “Selama event berlangsung target penjualan kami sekitar 100 unit dengan kontribusi XL7 sebanyak 60 unit. Selain itu juga akan memberikan reward hingga RP 2 juta rupiah bagi konsumen yang membeli Suzuki XL7 pada rentang waktu hingga akhir bulan ini. Pastinya konsumen yang membeli produk-produk kami akan selalu untung karena selama lebih dari 2 tahun kami akan berikan layanan servis gratis dan oli gratis,” tutupnya.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here