Ini Pertolongan Pertama Pada Mobil yang Terendam Banjir

Foto: dok

 

Musibah banjir Jabodetabek awal tahun 2020 ini meninggalkan beragam kerugian materiil. Salah satu korban adalah banyaknya mobil yang terendam bahkan hanyut terbawa banjir. Kekhawatiran tentu muncul bila mobil terendam air kotor banjir. Apakah mobil masih bisa diselamatkan dan dipakai lagi seperti sedia kala? Jika salah langkah, bisa jadi mobil tersebut akan bertambah parah kerusakaannya. Berikut tips pertolongan pertama untuk mobil yang terendam banjir yang bisa dilakukan sendiri. Semoga tips ini berguna untuk Anda sendiri ataupun kerabat dan kolega.

Langkah pertama pertolongan pertama untuk mobil yang terendam banjir adalah jangan berusaha langsung menghidupkan mesin mobil. Pokoknya jangan stater mobil karena bisa menambah kerusakan dan korsleting. Saran yang dianjurkan adalah melepas kabel negatif aki untuk menghindari korsleting.

BACA JUGA  Mitsubishi Sediakan Layanan 24 Hours Emergency Service Buat Konsumen Terdampak Banjir

Kemudian langkah selanjutnya adalah mengecek bagian mesin. Buang oli mesin hingga tuntas. Sembari menunggu oli terkuras, bisa sambil mengecek dan membersihkan saluran filter udara, kabel busi, dan sekaligus businya. Keringkan piranti-piranti tersebut sampai benar-benar kering. Soket kabel-kabel kelistrikan juga perlu dicek dan dikeringkan dengan seksama termasuk tempat sekring. Bila punya kompresor, pengeringan bisa dilakukan dengan bantuan angin kompresor agar prosesnya bisa lebih cepat.

Kembali ke oli mesin, bila warna oli jadi coklat atau putih susu karena tercampur air, terus lakukan penggantian oli hingga warna oli kembali tetap hitam. Kemudian perlu juga mengecek tangki bahan bakar. Kuras dan pastikan tidak ada air yang tercampur. Bila ada air masuk pastikan air sudah sirna sebelum kembali mengisinya dengan bahan bakar. Bila masih ada air di tangki akan sangat beresiko. Selain akan membuat korosi, air juga bisa menimbulkan kerusakan mesin. Kuras juga air radiator dan minyak rem.

BACA JUGA  Peduli Bencana Banjir, Suzuki Tawarkan Towing Gratis dan Layanan Lainnya untuk Konsumen Roda Empat

Sembari menungu kabel-kabel kering bisa sambil megecek kondisi interior. Jika terendam sampai bagian dasboard tentunya perlu bantuan khusus bengkel untuk membersihkan dan mengeringkan bagian tersebut dan piranti elektronik yang ada di dalamnya. Bila mobil tidak terendam sampai dashboard maka cek bawah karpet dan jok. Bersihkan lumpur dan kotoran yang ada di sana.

Bila proses ganti oli, pengeringan filter udara dan piranti elektronik selesai, serta tangki bensin bisa normal diisi bahan bakar, maka saatnya mencoba menghidupkan mesin mobil. Pasang kembali busi, filter udara, dan kabel negatif aki. Putar kunci ke arah ON. Bila display di dashboard nyala normal dan tidak ada tanda-tanda mencurigakan baru kemudian coba untuk starter mesin. Namun bila display di dasboard tidak mau nyala, baiknya menghubungi bengkel untuk mendapatkan diagnosa lebih lanjut.

BACA JUGA  Suzuki Club Reaksi Cepat Evakuasi Korban Banjir Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here