Ini Solusi Dorna Agar MotoGP Tetap Bisa Diselamatkan

Sirkuit Sepang, Malaysia. Foto: otosportif.com

Mundurnya jadwal MotoGP Austin Amerika membuat gelaran MotoGP semakin tidak jelas kapan akan dimulai. Setelah pemerintah kota Austin mendeklarasikan membatalkan semua event dengan keramaian diatas 2.500 orang maka MotoGP pun diundur pada bulan November nanti. Kini semua harapan ada di sirkuit Argentina yang seharusnya akan menggelar MotoGP pada pertengahan April ini. “MotoGP di Austin Texas di tunda hingga akhir tahun. Dan FIM akan memberikan keterangan resmi untuk itu,” kata Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna.

Penundaan MotoGP Amerika ini menambah lagi daftar negara yang tertunda menggelar MotoGP, sebelumnya adalah Thailand yang akan di undur pada awal Oktober. Aturan dari FIM untuk penyelenggaraan MotoGP idealnya adalah 13 seri jadi jika ada beberapa seri yang di batalkan atau tidak tayang sebenarnya masih aman untuk sebuah kejuaraan. Tahun ini awalnya MotoGP akan digelar 20 seri namun melihat kondisi yang belum ada perubahan signifikan kemungkinan ada beberapa seri akan di hapus.

Dorna dan FIM pun sangat pusing dengan keadaan ini karena mereka harus menunggu dan memastikan bahwa MotoGP bisa tayang tanpa ada kekhawatiran masuknya virus. Karena untuk kasus pengunduran jadwal seperti di Thailand dan Amerika pastinya bukan yang terakhir, dan tentu masih ada beberapa sirkuit yang batal atau di jadwalkan ulang.

Semua mata sekarang memandang ke benua Amerika di bagian selatan yakni Argentina yang rencananya akan menggelar MotoGP pada tanggal 19 April besok. Hingga kini pemerintah Argentina belum mengumumkan apa-apa soal pembatalan atau penundaan event sekelas MotoGP. Belum adanya konfirmasi baik dari pemerintah Argentina maupun dari Dorna soal balapan ini sebenarnya malah mengkhawatirkan. Bisa saja memang hingga saat ini belum ada titik temu akankah di batalkan, di tunda atau di gelar tanpa penonton. Kita mungkin bisa berharap pada Argentina untuk menggelar pembuka kelas MotoGP namun harapan besar tidak bisa di tanggungkan kepada Argentina begitu saja. Masih menunggu keputusan yang akan di berikan secepatnya untuk seri Argentina nanti.

BACA JUGA  Valentino Rossi: Saya Lebih Jago Main Balap Mobil

Nah harapan besar sebenarnya ada di daratan Eropa untuk musim balap 2020 ini. Memang beberapa sirkuit bisa otomatis tercoret atau di undur hingga akhir tahun, Italia contohnya. Keadaan yang belum stabil di Italia memberikan harapan tipis untuk menggelar MotoGP pada Mei nanti. Begitu juga dengan San Marino yang kemungkinan akan terkendala. Beberapa sirkuit yang mempunyai kemungkinan besar untuk menggelar MotoGP adalah Spanyol dan Portugal dan Malaysia selain dari itu masih belum bisa di pastikan.

Tahun ini ada 4 sirkuit di Spanyol yang di rencanakan akan menggelar MotoGP. Mengapa Spanyol paling memungkinkan menggelar balapan MotoGP ya karena penyelenggaranya dari Spanyol. Kesulitan utama Dorna maupun FIM adalah dengan keputusan pemerintah setempat yang menggelar GP. Tentu Dorna pasti sangat dekat dengan pemerintah Spanyol untuk bisa memberikan ijin penyelenggaraan. Bahkan Carmelo juga pernah menyatakan jika dia akan melakukan apapun untuk menyelamatkan gelaran ini. Dengan banyaknya koneksi di pemerintahan Spanyol rasanya akan mudah baginya untuk mendapatkan clearance MotoGP.

BACA JUGA  Jorge Lorenzo Ikut Demam Video Last Dance dan Samakan Rossi Dengan Jordan
Sirkuit Jerez, Spanyol. Foto: motogp.com

Masalah utama yang harus di hadapi adalah pembatalan penerbangan antara Italia dan Spanyol. Hingga saat ini sudah tidak ada penerbangan dari maupun ke dua negara tersebut. Hubungan Spanyol dan Italia terputus di udara. Banyaknya pembalap, kru dan tim dari Italia dan Spanyol di MotoGP akan menjadi masalah ketika balapan akan di gelar di 2 negara tersebut. Seri Italia bisa saja di hapus dan Spanyol tetap menggelar seri balapan, tapi bagaimana cara tim dan kru dari Italia pergi ke Spanyol, itu yang harus di pikirkan.

Kemudian ada negara Portugal yang memiliki dua sirkuit yang bisa di gunakan untuk balapan MotoGP. Seperti kita ketahui jika sebenarnya tahun ini Portugal tidak memiliki jatah untuk menggelar MotoGP. Namun demi mengejar angka minimum seri yakni 13 seri maka solusi menggunakan sirkuit di Portugal bisa di gunakan. Apalagi Portugal hingga kini tidak melakukan larangan apapun menyangkut dampak virus Corona ini. Sirkuit Portimao dan Estoril paling layak untuk menggelar MotoGP.

Presiden FIM, Jorge Viegas adalah berkebangsaan Portugal dan tentunya bisa diharapkan untuk membantu MotoGP di gelar di sana. “Sirkuit yang bisa dan biasa di gunakan untuk MotoGP adalah Portimao dan Estoril. Di Portugal tidak ada larangan apapun hingga kini,” kata Viegas.

Sirkuit Estoril Portugal. Foto: motogp.com

Satu lagi adalah Sepang Malaysia dimana sirkuit ini bisa dikatakan aman karena sempat menggelar tes pra musim sebelumnya dan tidak ada masalah. Meskipun Malaysia sebenarnya akan mendapatkan jatah pada bulan November, namun belum lama ini pihak Sepang mengajukan diri untuk menggelar dua kali balap.

BACA JUGA  Valentino Rossi Perdana Latihan Lagi Di VR46 Ranch

Salah satu solusi untuk mengejar angka minimum 13 seri yang harus di gelar adalah dengan menggelar balapan 2 kali di sirkuit yang sama. Dengan cara ini diharapkan bisa menyelesaikan masalah yang ada. Jika beberapa negara di Eropa akan melakukan larangan event besar di negaranya maka solusi ini bisa di jadikan acuan. Jika 4 sirkuit di Spanyol masing-masing menyelenggarakan 2 balapan dalam satu minggu dan 2 sirkuit di Portugal melakukan hal yang sama serta 2 lagi di Sepang Malaysia maka itu sudah 12 seri tinggal mencari setidaknya 1 sirkuit lagi agar bisa 13 kali balapan.

“Hingga saat ini saya masih yakin jika balapan bisa dilakukan lebih dari 13 seri meskipun harus selesai hingga bulan Januari tahun depan. Kita juga mempertimbangkan dua balapan dalam satu minggu atau balapan tanpa penonton. Semua solusi kita pikirkan,” ungkap Ezpeleta.

Harapan kita semua tentu saja masalah virus ini cepat selesai dan ada jalan keluarnya. Tidak hanya di olahraga balap namun juga semua cabang sudah terdampak. Fans yang menunggu balapan sudah tidak sabar menunggu pertarungan musim ini namun memang keadaan yang menjadikan sesulit ini. Semoga segera cepat teratasi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here