Italia Mulai Membuka Sirkuit, Valentino Rossi Dkk Bisa Latihan

Sirkuit Mugello, Italia gagal jadi tuan rumah tahun ini. foto: motogp.com

Sirkuit Italia sedang bersiap untuk dibuka kembali. Hasil keputusan pemerintahan setempat mengatakan pembalap yang berkepentingan nasional di izinkan untuk melanjutkan latihan mulai Senin 4 Mei. Ini berarti bahwa Valentino Rossi Cs diizinkan untuk kembali ke lintasan, di sirkuit Italia mana pun.

Jadi semua pembalap yang mempunyai kepentingan nasional dan menjadi perhatian banyak orang seperti olahraga di kejuaraan MotoGP termasuk balap CIV, Motocross dan lain-lain bisa berlatih. Lalu dua minggu kemudian, yaitu mulai 18 Mei, sirkuit nasional bisa dibuka dan bisa digunakan oleh masyarakat umum untuk mulai melakukan aktifitas di sirkuit. Namun tetap dengan mengindahkan keamanan dan mematuhi batas yang telah ditentukan dari masing-masing wilayah. Prosedur lengkap masih dalam pembahasan lagi karena belum ada penjalasan rinci dari otoritas setempat. Tapi nampaknya semuanya akan segera ada lampu hijau.

BACA JUGA  Benarkah Rossi Akan Pensiun Tahun Ini?

Para pemimpin dari berbagai sirkuit di Italia telah bertemu dengan melakukan rapat terbatas lewat konferensi video untuk menentukan aturan bersama. Sebelum aturan-aturan itu di sepakati dan dilaksanakan tetap harus mengindahkan aturan penting untuk tetap melakukan langkah-langkah Social Distancing. Begitu juga dengan aturan untuk para amatir yang ingin melakukan latihan masih dalam tahap pembahasan. Presiden Giovanni Copioli menjanjikan komitmennya untuk secepatnya memulai kembali kegiatan kompetisi nasional, dari CIV hingga ke bawah. Namun semua kegiatan tersebut harus tetap menghormati perlindungan kesehatan bersama. Pembukaan kembali sirkuit ini juga memberikan sinyal dan stimulus yang sangat penting bagi program gerakan “We Are in May” musim 2020.

BACA JUGA  Razlan Razali: Saya Cek HP Saya Tiap Hari Berharap Rossi Kirim WhatsApp

Mengenai para pembalap profesional, situasinya sudah jelas. Mereka dapat kembali ke lintasan untuk berlatih mulai Senin, 4 Mei. Begitu juga dengan para tim-tim yang juga bisa memulai aktifitasnya. Beberapa tim dari Kejuaraan Superbike Italia (CIV) akan mengadakan latihan dan tes bersama, yang akan berlangsung di Misano pada akhir Mei nanti. Semua ini untuk mempersiapkan pembukaan balapan CIV, yang bisa berlangsung pada bulan Juni, mungkin di awali dari Mugello.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here