Jelang Seri 1 MotoGP Qatar: Suzuki Bakal Ikuti Jejak Yamaha

Alex Rins. Foto: motogp.com

Salah satu cerita yang santer jadi bahan pembicaraan penggemar MotoGP selepas tes resmi di Sepang 7-9 Februari lalu adalah piranti holeshot milik Yamaha. Pengaplikasian alat bantu saat start ini mulai diuji saat tes Sepang. Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi berkesempatan untuk melakukan uji coba.

Piranti holeshot di MotoGP berhasil dimanfaatkan oleh Ducati dengan hasil yang signifikan. Dalam membantu start, holeshot device akan menurunkan ketinggian suspensi belakang motor sehingga titik pusat gravitasi motor akan mengalami penurunan. Dengan posisi ini, maka motor akan lebih responsif dan melaju saat start. Adapun, holeshot device hanya aktif saat start saja.

Baca Juga: https://otosportif.com/tiga-hari-yang-penuh-makna-buat-rossi/

BACA JUGA  Ini Harapan Vinales di Ultah yang ke-25

Selain Yamaha yang telah mengaplikasikannya, ternyata Suzuki pun juga akan segera memakai piranti ini. Menurut pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, Suzuki setidaknya akan mengaplikasikan holeshot device pada Suzuki GSX RR saat seri pertama MotoGP di Qatar pada 8 Maret mendatang. “Suzuki sedang mengerjakan pengembangan alat bantu start. Meskipun belum bisa dicoba saat sesi tes Sepang ini, saya yakin alat tersebut akan siap saat balapan dimulai,” ujarnya.

Melihat hasil uji coba Epang, Rins mengaku senang dengan performa motor tunggangannya. Namun, pembalap asal Spanyol ini menunjukkan bahwa Suzuki masih punya pekerjaan rumah terkait kemampuan mesin, terutama untuk top speed. Suzuki sendiri sudah membawa mesin baru untuk mengatasi ketertinggalan di sektor top speed ini. Meski sudah menunjukkan peningkatan, namun Suzuki masih tertinggal. “Kami harus selalu melakukan inovasi karena yang lain juga tidak tinggal diam,” tegas Alex Rins.

BACA JUGA  Yamaha vs Ducati, Skor 2-0 Untuk Yamaha. Tapi Ducati Klaim Masih Punya Stok Pembalap Cepat

 

Catatan top speed saat Tes Sepang

  1. Jack Miller (Ducati) – 337.5 km/h
  2. Pol Espargaro (KTM) – 331.3 km/h
  3. Cal Crutchlow dan Marc Marquez (Honda) – 330.3 km/h
  4. Maverick Viñales (Yamaha) – 329.3 km/h
  5. Joan Mir (Suzuki) dan Aleix Espargaro (Aprilia) – 328.3 km/h

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here