Kabar Bagus, Kontrak MotoGP di Indonesia Di Perpanjang, Berapa Tahun?

Sirkuit Mandalika, Indonesia. Foto: MGPA

Kabar bagus dari MotoGP setelah beberapa bulan ini hanya ada kabar buruk dan nggak menentu tentang kapan MotoGP 2020 akan dimulai. Kabar bagus tersebut datang dari Indonesia dimana sirkuit Mandalika yang di proyeksikan akan menggelar MotoGP 2021 mendapatkan komitmen untuk menggelar balapan dengan jangka yang cukup panjang.

Saat ini meskipun sirkuit Mandalika di Lombok, Indonesia masih dalam pembangunan, tetapi venue tersebut dilaporkan telah menyetujui perpanjangan kontrak MotoGP yang sangat substansial. Dengan lintasan penuh tikungan dan beralur kelok-kelok, tapi dikatakan sudah siap 30%. Sirkuit jalanan ini akan menjadi tuan rumah acara MotoGP perdananya pada tahun 2021 nanti.

Sebenarnya di perjanjian awal dengan Asosiasi Grand Prix Mandalika kontrak dengan MotoGP akan berakhir pada tahun 2023, tetapi Chief Strategic Communication Officer MGPA, Happy Harinto mengatakan kepada CNNIndonesia.com bahwa akan dilanjutkan lebih lama lagi.

BACA JUGA  Ini Penjelasan Jorge Lorenzo Setelah Balik Lagi Ke Tim Yamaha

“Kami, MGPA secara keseluruhan, telah melakukan pembicaraan resmi dengan Dorna. Kami juga telah melakukan korespondensi. Kami telah menerima persetujuan untuk mengadakan MotoGP selama 10 tahun, hanya saja kami masih mempersiapkan kontrak hukumnya,” kata Happy.

Meskipun pembahasan kontrak diperkirakan akan memakan waktu lebih lama dari biasanya karena adanya pandemi coronavirus, tetapi Harinto bersikeras pembangunan sirkuit tetap pada jalurnya. “Sampai sekarang semuanya sesuai jadwal,” lanjutnya.

Indonesia terakhir menjadi tuan rumah putaran MotoGP pada tahun 1997, di Sentul, dan menghabiskan beberapa tahun mencari tempat yang akan memenuhi standar modern sebelum kini ada kesepakatan dengan Mandalika. Dengan adanya kesepakatan kontrak baru nanti setelah resmi, maka Indonesia akan menggelar MotoGP hingga tahun 2031, bravoo Mandalika.

BACA JUGA  Carlo Pernat Bikin Kontroversi Lagi, Kali Ini Soal Marquez dan Rossi

MotoGP saat ini bertujuan untuk menyelamatkan sepuluh dari 20 acara yang direncanakan musim ini, tetapi efek dari coronavirus memaksa perubahan pada kalender 2021. WorldSBK juga akan memulai debutnya di sirkuit Mandilika, yang berada di pulau Lombok, dekat Bali, pada tahun 2021 nanti.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here