Kabar Terbaru Dorna Perbolehkan Tim MotoGP Menambah Orang, Berapa Banyak?

Area MotoGP akan banyak batasan khususnya di paddock. Foto: motogp.com

OTOSPORTIF – Ada perkembangan baru yang akan dibuat oleh Dorna sebagai penyelenggara MotoGP. Pada saat balap nanti khusus tim di kelas MotoGP diperbolehkan menambah 5 orang lagi yang boleh ikut di tim masing-masing.

Hal ini salah satunya adalah untuk memberikan akses tambahan bagi tim di kelas tertinggi balap dunia ini. Sebagai langkah antisipasi Dorna juga telah merancang bagaimana nanti kondisi di garasi masing-masing tim agar tetap aman dari penularan wabah Covid-19.

Sementara ini untuk jadwal resmi MotoGP 2020 baru akan diumumkan pada minggu depan. Rancangan terbaik masih digodok agar saat penyelenggaraan nanti tidak ada masalah yang serius karena pada awal balapan adalah sebagai contoh untuk balapan berikutnya.

Seperti diketahui jika Dorna akan menyiapkan sebanyak 12-13 balapan Grand Prix musim ini. Meski ini hanya baru perkiraan awal namun jika memang kondisi didunia sudah membaik mungkin akan ada penambahan lagi. Dorna segera mengumumkan tanggal dan tempat di Eropa pada musim 2020 minggu depan, setelah serangkaian penundaan dan pembatalan yang berkepanjangan.

BACA JUGA  Ini Penjelasan Jorge Lorenzo Setelah Balik Lagi Ke Tim Yamaha

Untuk saat ini yang masih terjadwal balapan perdana akan dimulai pada pertengahan Juli di Jerez dan akan berakhir pada awal November, bisa jadi di Valencia. Penambahan tanggal ekstra Eropa akan dijelaskan pada akhir Juli, mungkin setelah dua putaran pertama di Andalusia (Spnyol). Sedangkan Sepang, Buriram, Austin dan Rio Hondo masih terdaftar di jadwal sementara menunggu kondisi terkini.

Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna. Foto: motogp.com

Acara balapan MotoGP 2020 di Eropa yang terjadwalkan sementara ini antara lain Jerez, Brno, Red Bull Ring, Aragon, Misano dan Valencia, serta Barcelona atau Le Mans.

Carmelo Ezpeleta juga menyediakan pembaruan tentang protokol keamanan yang dikembangkan untuk balapan tanpa penonton ini. “Kami telah menetapkan protokol yang jelas, bekerja sama dengan berbagai menteri olahraga di berbagai negara yang akan kami kunjungi. Untuk mendapatkan sebuah panduan tentang apa yang dapat kami lakukan di semua negara.”

BACA JUGA  Yamaha Buka Rahasia Soal Lewis Hamilton, Apa Itu?

Semua pembalap akan melakukan pemeriksaan medis sebelum keberangkatan dan, jika perlu, akan diuji lagi sebelum tiba di Spanyol. “Selanjutnya, sebelum tiba di paddock, akan ada tes lain, dan kemudian protokol dengan cek setiap hari, pembatasan di paddock dan di atas semua ini adalah adanya isolasi antara masing-masing tim,” kata CEO Dorna ini.

Semuanya akan ditetapkan secara rinci, termasuk tempat makan dan tempat tidur dan cara bergerak di dalam garasi. “Jelas ini adalah situasinya sekarang. Jika antara sekarang dan Juli situasi di negara mana pun bisa lebih fleksibel, kami akan membuat konsesi lagi,” kata Carmelo.

“Pada prinsipnya, kami ingin mengisolasi paddock dari hal lain. Dan tidak akan ada kontak antara orang-orang yang bekerja di sirkuit dan orang yang terlibat di MotoGP. Akhirnya, anggota MotoGP yang diperbolehkan adalah sekitar 1.300 orang atau kurang. Kami telah meningkatkan jumlah anggota masing-masing pabrikan sebanyak lima untuk kelas MotoGP,” tambahnya.

BACA JUGA  Komentar Wayne Rainey Soal Valentino Rossi

Carmelo Ezpeleta sebelumnya mengindikasikan bahwa 40 orang boleh dibawa untuk setiap tim MotoGP pabrikan, dan 25 untuk setiap tim satelit serta 20 orang untuk tim Moto2 dan 15 untuk Moto3. Untuk kelas terkecil tidak ada perubahan. “Angka untuk Moto2 dan Moto3 tetap sama seperti yang ditunjukkan sebelumnya,” tutupnya seperti dijelaskan dalam video di MotoGP.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here