Kalau Valentino Rossi Ke Petronas Berarti Ada 3 Motor?

Tim Petronas Yamaha SRT 2020. Foto: motogp.com

Gencarnya isu kepindahaan Valentino Rossi ke tim Petronas SRT banyak menghasilkan spekulasi liar. Tim baru Petronas ini memang seksi sepertinya dimana banyak pembalap muda maupun senior yang pingin sekali menjadi bagian dari timnya. Tak hanya itu, orang-orang terdekat The Doctor pun banyak yang mengisyaratkan jika masa depan Vale ada di sana tahun depan.

Namun yang menarik adalah pernyataan dari sang bos tim Petronas yakni Razlan Razali yang menginginkan timnya ini di huni oleh para pembalap muda atau Young Guns. Alasannya adalah dengan rider muda tim ini bisa lebih fokus untuk pengembangan dan pelatihan talenta baru yang di harapkan bisa menjadi senjata Yamaha saat masuk ke tim pabrikan.

Valentino Rossi. Foto: motogp.com

Razlan juga tak menolak jika memang Rossi ingin gabung dengan timnya namun untuk Jorge Lorenzo sepertinya masih belum ada keinginan untu kearah sana. Dia pernah mengatakan jika tim ini seharusnya di isi oleh para pembalap muda yang karir dan masa depannya lebih panjang. Namun yang pasti saat ini dia masih ingin mempertahankan pembalapnya saat ini yakni Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Khusus untuk Quartararo dia masih ingin tetap di timnya jika MotoGP musim ini tidak di gelar.

BACA JUGA  Marquez dan Rossi Tidak Masuk 100 Atlit Terkaya Versi Forbes

“Kami ingin tetap ada Fabio di tim kami jika tidak ada balap musim ini karena dia masih terikat kontrak setahun dengan Petronas,” ungkap Razlan yang juga masih keponakan mantan PM Malaysia, Mahathir Mohammad.

Misi Utama Petronas Pembinaan Pembalap Muda. Foto: motogp.com

Kabar terbaru dari tim Petronas SRT datang dari petinggi tim yakni Wilco Zeelenberg. Dia mengatakan jika timnya masih akan tetap fokus dengan para pembalap muda meski kursi untuk Valentino Rossi tetap aman jika memang mau masuk. Dengan saat ini masih ada 2 pembalap muda di timnya kabarnya Petronas juga mengincar Xavi Vierge untuk menjadi salah satu kandidat utama untuk motor M1 mereka.

“Kami memang santai dan tidak di bawah tekanan karena kami berada dalam situasi di mana banyak pembalap ingin datang ke tim kami,” kata sang Direktur Tim, Wilco Zeelenberg seperti dilansir dari GPspirit. “Tentu saja kami memiliki nama pembalap utama yang akan kami miliki. Tapi saya tidak bisa menyebutkan nama. Nanti ada saatnya. Yang terpenting adalah kita harus menunggu dan melihat kapan dan apakah balapan ini dimulai,” tukas Zico yang dulu juga menjadi Manajer Jorge Lorenzo.

BACA JUGA  Nicky Hayden Akan Selalu Diingat Oleh Rossi, Marquez dan Dovizioso
Xavi Vierge sudah di incar untuk naik ke MotoGP. Foto: motogp.com

Sebenarnya Petronas lahir pada waktu yang tepat dimana tim ini memberi ruang bagi para pembalap muda. Dan pada tahun pertamanya di MotoGP mereka sudah mencapai hasil yang luar biasa, bahkan melampaui harapan. Keadaan inilah yang akhirnya membuat target mereka meningkat yakni membidik gelar juara dunia, jika memang ada kejuaraan musim ini.

“Kami sudah membuktikan dengan Fabio dan ternyata ada pembalap yang dapat mengendarai motor ini dengan sangat baik. Ketika kami mengambil Fabio, tidak ada orang yang tertarik padanya. Kami menginginkannya karena kami tahu kemampuannya. Sebagai penerusnya, kami memiliki beberapa nama dalam benak kami yang kami pikir dapat bekerja dengan sangat baik. Struktur tim kami diatur sedemikian rupa untuk menarik bakat-bakat baru dan melatih mereka untuk tim pabrikan di masa depan. Ini adalah keinginan kami,” kata Wilco Zeelenberg.

Khusus untuk Valentino Rossi, Zilco yang juga pernah datang ke Indonesia ini mengungkapkan jika hingga saat ini memang belum ada pembicaraan lebih lanjut. Baik itu dengan Yamaha maupun dengan Vale sendiri. Tapi ia tetap menjamin jika memang Rossi mau ke Petronas maka dia akan menyediakan tempat. “Khusus untuk Valentino Rossi adalah cerita yang berbeda. Kami memang belum membicarakannya dengan Yamaha,” tuturnya.

BACA JUGA  Fabio Quartararo: Saya Ingin Mengalahkan Valentino Rossi di Tikungan Terakhir
Wilco Zeelenberg. Foto: motogp.com

Dengan amannya posisi Valentino Rossi di tim Petronas SRT tentu akan membuat banyak pertanyaan dengan tujuan tim yang telah di bahas diawal. Petronas SRT ingin tetap mempertahanka anak-anak muda untuk menjadi rider motor mereka. Dimana saat ini sudah ada dua pembalap dan satu lagi sedang di incar jika memang Fabio Quartararo jadi pindah ke tim pabrikan. Sedangkan Morbidelli sepertinya akan dipertahankan meski belum ada kontrak baru dengan mereka.

Lalu yang patut di garis bawahi adalah dimanakah posisi Valentino Rossi di tim ini mengingat mereka hanya mempunyai 2 motor untuk para pembalap mereka. Akankah salah satu pembalap muda yang akan di coret dan membatalkan keputusan untuk pembinaan para pembalap muda dan menandemkan dengan pembalap senior seperti Rossi. Atau mereka akan tetap mengambil dua pembalap muda dan menambahkan satu motor lagi untuk Rossi jika dia jadi gabung, yang akhirnya mempunyai 3 motor untuk satu tim. Sebelumnya ada juga kok tim yang memiliki 3 pembalap sekaligus, tim pabrikan Honda malah. Jadi kemungkinan 3 motor di tim Petronas, kenapa tidak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here