Kata Bos Ducati Soal Masa Depan Dovizioso dan Petrucci

Tim Ducati MotoGP Foto: motogp.com

Setelah kepindahan Jack Miller ke tim Ducati maka satu kursi lagi yang masih kosong menunggu kesepakatan dengan Andrea Dovizioso. Namun kesepahaman tentang kontrak yang masih a lot antara Dovi dan Ducati membuat kerjasama ini macet.

Paolo Ciabatti, Direktur Sport Ducati, berbagi kesan pertamanya setelah penandatanganan Miller oleh Ducati untuk 2021. Dia menganalisa situasi Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci di tim.

Antara Andrea Dovizioso atau Danilo Petrucci pasti akan meninggalkan skua Italia ini nantinya. Paolo Ciabatti mengaku sedang bernegosiasi dengan kedua pembalap. Dia juga cukup puas dengan penandatanganan pembalap Australia itu. Sepeninggalan Miller ke Ducati juga membuka peluang Rookie dari Moto2 untuk bisa mengisinya slah satu nama yang paling santer diberitakan adalah Jorge Martin.

Paolo Ciabatti. Foto: otosportif.com

“Gagasan awal adalah menunggu hingga awal musim ini untuk merencanakan tim untuk tahun 2021. Jack adalah salah satu pembalap yang merupakan kandidat untuk bergabung dengan tim resmi. Sayangnya, karena penyebaran COVID-19, kami dihadapkan dengan situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, harus bergantung pada hasil musim lalu, dan akibatnya sampai pada pilihan ini. Kami membicarakannya minggu lalu di Ducati dan mengeksplorasi kemungkinan itu dan kemudian mewujudkannya,” kata Ciabatti kepada GPone.

BACA JUGA  Sangat Mungkin Kalau Andrea Dovizioso Pindah ke KTM

Kedatangan Miller

Kenyataan kini pembalap Australia itu telah berhasil meyakinkan Ducati untuk menjadi joki resmi mereka. “Jack baru berusia 25 tahun, namun cara balapnya sudah bisa dianggap sebagai senior di MotoGP, tetapi kami pikir ini adalah waktu yang tepat, karena motor resmi pabrikan dapat memberinya motivasi ekstra. Ini adalah keputusan yang kami cukup puas, meskipun tentu saja itu bukan keputusan yang mudah mengingat kegagalan awal Kejuaraan Dunia,” tambah Ciabatti.

Situasi Danilo Petrucci

Tanda tangan Miller menyebabkan Andrea Dovizioso atau Danilo Petrucci meninggalkan tim pada akhir musim setidaknya salah satu dari mereka. Tampaknya negosiasi sedang berlangsung dengan kedua pembalap, dan mereka juga mencari jalan keluar tanpa memutus hubungan.

BACA JUGA  Bos Ducati Serang Honda: Lebih Baik Runner Up Daripada Juara Dunia Cuma Lewat 1 Pembalap Saja
Danilo Petrucci akankah yang akan pergi dari Ducati? Foto: motogp.com

“Kami memberi tahu Danilo bahwa kami memiliki konfigurasi yang berbeda untuk 2021, tim resmi yang terdiri dari Dovizioso dan Miller. Itu tidak berarti bahwa Danilo keluar dari Ducati, karena kita masih harus membuat kesepakatan dengan Dovizioso. Kami sebagai Ducati ingin menjaga Danilo di orbit Ducati, mengingat kemungkinan Superbike jika tidak ada alternatif untuknya di MotoGP. Itu karena kami menyukai Danilo sebagai pribadi dan pembalap,” kata Ciabatti.

Misalnya, dalam kasus Danilo Petrucci, tempatnya bisa melalui World Superbike. “Ducati telah menyarankan kemungkinan ini di SBK kepada manajernya, Alberto Vergani, yang harus dianggap menarik oleh Petrucci,” lanjutnya.

Negosiasi dengan Dovizioso

Dari pertama markas Borgo Panigale ingin melanjutkan dengan Andrea Dovizioso agar tetap tinggal, Namun, tampaknya ketidakcocokan ekonomi atau faktor keuangan mempersulit pembaharuan ini.

“Tujuan utama dari Ducati juga dari Andrea, adalah untuk maju bersama. Kami saat ini sedang melalui masa yang sulit secara ekonomi, terutama jika kami melihat kembali pada bulan September. Saya tidak ingin menjadi bencana, tetapi kami memiliki beberapa bulan keuangan yang sangat sulit di masa depan. Tentu tidak mungkin untuk melakukan sesuai dengan rencana sebelumnya. Pada titik ini, saya pikir itu benar untuk menghadapi kenyataan saat ini. Saya pikir ini jelas bagi semua pihak yang terlibat dalam negosiasi antara Ducati dan Dovi, jelas berusaha untuk menemukan kesepakatan yang masuk akal,” kata Ciabatti soal negoisasi yang masih macet.

BACA JUGA  Jack Miller: Terima Kasih Pramac, Tetapi 2020 Belum Berakhir
Andrea Dovizioso masih menunggu kontrak dari Ducati. Foto: motogp.com

Meskipun tidak ada tenggat waktu yang ditetapkan karena Ducati tidak ingin tergesa-gesa memutuskan kontrak dengan Dovizioso. “Kami tidak terburu-buru, juga karena kami percaya bahwa kami memiliki motor paling kompetitif di paddock. Kami percaya bahwa Dovizioso akan terus bersama kami. Jika tidak, kami akan meluangkan waktu untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan,” tutup Ciabatti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here