Kenapa MotoGP Thailand Setelah Qatar, Night Race?

Foto: motogp.com

Salah satu hal baru yang cukup mengejutkan di jadwal MotoGP 2020 selain masuknya MotoGP Finlandia adalah berubahnya jadwal MotoGP Thailand. Chang International Circuit tempat dihelatnya MotoGP Thailand yang pada 2019 berada di urutan menjelang akhir musim, pada jadwal MotoGP 2020 dialihkan menjadi balapan kedua. Tepat setelah seri pembuka night race MotoGP di Losail, Qatar. Ada apakah gerangan?

Melihat laporan dari laman crash.net,  kondisi cuaca disinyalir jadi penyebabnya. Pada gelaran MotoGP 2019, MotoGP Thailand pada Oktober 2019 lalu jadi salah satu yang terpanas. Padahal, pada bulan-bulan tersebut, kawasan Asia Tenggara normalnya berada pada musim hujan. Sementara pada 2020, MotoGP Thailand akan diselenggarakan pada bulan Maret.

BACA JUGA  Progres MotoGP Indonesia, Sirkuit Mandalika dan Tiket Resmi

Masih menurut laporan yang dilansir crash.net, cuaca bulan Maret semestinya lebih panas dari bulan Oktober. Alasan ini tidak menjadi cukup kuat. Karena masalah suhu panas ini, opsi night race di MotoGP Thailand sempat mencuat. Dengan balap malam diharapkan suhu lebih dingin dan bisa lebih menarik banyak penonton.

Bahkan seri Malaysia juga disinyalir akan ikutan menggelar nigt race. Namun, dari update terbaru, kedua seri ini belum akan menyelenggarakan night race atau balap malam. namun tidak menutup kemungkinan akan terselenggara di masa depan. Secara infrastruktur lampu sendiri tinggal menambah sesuai dengan standar Dorna dan sesuai yang dibutuhkan MotoGP.

“Night race di Buriram Thailand bukan bagian dari rencana 2020. Mereka harus memasang infrastruktur penerangan yang menyeluruh dimana perlu waktu dan biaya. Night race bisa menjadi ide ke depan,” ujar juru bicara Dorna seperti dikutip dari crash.net.

BACA JUGA  FIX, MOTOGP 2020 Bisa Mulai Di Austria Pertengahan Agustus

Kemungkinan lainnya adalah, MotoGP Thailand jadi transisi menuju seri di Benua Amerika. Setelah MotoGP Thailand, seri 3 berlangsung di Texas, Amerika Serikat dan kemudian seri 4 di Argentina baru kemudian MotoGP kembali ke Eropa. Atau perpindahan ke bulan Maret ini menjadi pengisi jadwal kosong sepeninggal seri WSBK. Pada 2019 lalu, WSBK Thailand dihelat pada bulan Maret. Namun pada 2020 ini Thailand absen dari jadwal balap WSBK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here