KTM Umumkan Pembalap MotoGP 2021, Danilo Petrucci Gabung di KTM Tech3

Tim KTM. Foto: motogp.com

OTOSPORTIF– Resmi dan sah KTM telah mengumumkan pembalap Line Up untuk musim depan 2021. Empat pembalap akan mengisi dua tim KTM yakni pabrikan dan satelit KTM Tech3.

Yang cukup mengagetkan adalah pindahnya Danilo Petrucci ternyata bukan ditim pabrikan namun bergabung di tim satelit KTM Tech3. Awalnya semua orang berfikir Danilo Petruci akan menggantikan posisi Pol Espargaro di tim pabrikan ternyata keputusannya berbeda.

Danilo Petrucci Foto: motogp.com

Tim balap pabrikan KTM Red Bull mengumumkan akan memakai Miguel Oliveira dan Brad Binder sebagai pembalap resmi mereka pada tahun 2021. Sedangkan tim Tech3 akan diisi oleh Danilo Petrucci dan Iker Lecuona.

Setelah beberapa minggu bernegosiasi, KTM dan para pembalap akhirnyamelakukan tanda tangan untuk musim 2021. Pol Espargaro akan segera pergi dan Danilo Petrucci Datang. Untuk menmani Brad Binder di tim pabrikan adalah Miguel Oliveira.

Tim Tech3 memperbarui kontrak Iker Lecuona untuk 2021 dan menerima Danilo Petrucci dari Ducati. Keempat pengendara KTM akan memiliki motor yang sama yakni RC16 dari pabrikan.

Pembalap asal Portugal Miguel Oliveira telah bersama dengan merek Austria ini selama enam musim. Tiga di antaranya di MotoGP bersama Red Bull KTM Tech3. Rekan setimnya adalah Brad Binder, pebalap Afrika Selatan itu akan debut di MotoGP musim ini dan memiliki kontrak hingga 2021. Oliveira dan Binder akan menjadi rekan setim lagi. Mereka pernah bersama di 2015 di kelas Moto3 dan di Moto2 pada 2017 dan 2018.

BACA JUGA  Petrucci Sangat Bahagia Setelah Bertemu KTM, Tanda Kah?
Miguel Olveira. Foto: MotoGP.com

Sedangakn di Red Bull KTM Tech3, yang merupakan tim satelit, mereka memasukkan Danilo Petrucci dari Ducati ke dalam jajaran mereka. Pembalap Italia ini memiliki total sembilan musim di MotoGP.

Rekan setimnya adalah Iker Lecuona, ini akan menjadi debut pertama pembalap Valencia ini dalam satu musim penuh di MotoGP dan ia telah memperbarui kontraknya dengan tim hingga tahun 2021.

KTM dalam pernyataan resminya juga ingin mengucapkan terima kasih atas kerja Pol Espargaro selama empat tahun ini.

Sementara itu para pembalap tim KTM pabrikan telah memberikan pernyataan pertama mereka sebagai bagian dari tim inti.

Brad Binder. Foto: motogp.com

“Saya sangat senang bisa bergabung dan tetap membalap di Red Bull Factory Racing RC16 dan saya sangat menantikan untuk memulai tahun ini dan balapan MotoGP pertama saya. Merupakan suatu kehormatan untuk memiliki kesempatan ini dan saya sedang mencari masa depan yang cerah dengan KTM dan beberapa momen besar yang akan datang,” kata Brad Binder.

BACA JUGA  KTM Tetap Prioritaskan Espargaro Ketimbang Dovizioso

Untuk Oliveira tahun ini merupakan lompatan jauh masuk ke tim resmi pada tahun 2021. “Saya sangat senang atas kesempatan yang diberikan KTM kepada saya untuk dua tahun ke depan. Saya merasa mereka mempercayai saya untuk menunjukkan nilai saya sebagai pembalap dalam proyek ini. Dari hari pertama saya telah memberikan yang terbaik dari diri saya untuk sepeda dan saya percaya pada potensinya untuk mencapai hasil yang baik dan inilah yang ingin kami tawarkan dalam waktu dekat,” kata Miguel Oliveira.

“Saya pikir kita berada di tempat yang tepat untuk melakukannya, dan bagi saya ini adalah kesempatan bagus untuk berkembang sebagai pembalap. Kami masih harus fokus pada tahun 2020, tetapi saya bersyukur atas tantangan besar ini. Terima kasih kepada keluarga besae KTM,” tambahnya.

Tim Tech3 telah mengumumkan pembaruan Iker Lecuona untuk 2021. “Saya ingin berterima kasih dengan tulus kepada Red Bull KTM Tech3 atas kepercayaan yang telah mereka tempatkan pada saya untuk proyek 2021 mereka. Saya merasa sangat cocok dengan RC16 baru sejak hari pertama dan motor ini telah benar-benar berkembang sejak kami gunakan dalam balapan Valencia 2019,” kata Lecuona.

BACA JUGA  Tiga Puluh Tahun Perjalanan Tim Tech3 di MotoGP
Iker Lecuona berharap Rookie of The Year Foto: motogp.com

“Menandatangani kontrak tahun 2021 memberi saya ketenangan pikiran yang cukup untuk dapat berjuang demi tujuan saya menjadi Rookie of the Year. Saya merasa seperti berada di keluarga besar di sini,” ungkapnya.

Meski Danilo Petrucci belum memberikan komentar resmi soal ini namun kontrak sudah ditandangani. “Kami senang membawa Danilo ke keluarga besar KTM. Pengalamannya sangat berarti, tetapi kami juga memiliki pembalap yang berkomitmen dengan sikap yang benar. Kami pikir dia masih memiliki sesuatu untuk ditampilkan di MotoGP,” kata bos tim KTM, Pit Berier.

Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer. Foto: motogp.com

Direktur Red Bull KTM Tech3, yakni Herve Poncharal juga sangat senang dengan kedatangan Petrucci di timnya.

“Kami akan dengan senang hati menyambut Danilo Petrucci bersama kami mulai tahun 2021. Danilo adalah pria yang sangat saya hormati. Dia adalah pria “normal”, yang selalu menyapa semua orang, yang memiliki banyak karisma dan selera humor yang tinggi. Selain itu, dan mungkin yang lebih penting, dia juga pemain tim dan pemenang di MotoGP.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here