Macetnya Perundingan Ducati dan Dovizioso

Andrea Dovizioso belum mendapatkan kontrak dari Ducati. Foto: motogp.com

Negosiasi kontrak antara Ducati dan Andrea Dovizioso untuk musim MotoGP 2021 masih tertunda, dan manajer Dovizioso mengkonfirmasi belum ada proposal yang diajukan untuk pembalapnya.

Kesepakatan Dovizioso dengan Ducati saat ini naik pada akhir tahun ini, tetapi diskusi mengenai kesepakatan baru telah macet karena kedua belah pihak tidak setuju pada aspek keuangan dari kontrak. Ducati menolak menawarkan kepadanya kesepakatan sejumlah uang yang besar di tengah ekonomi pandemi ini.

Uang jadi masalah utama di perpanjangan kontrak Dovizioso dan Ducati. Foto: motogp.com

Dalam beberapa pekan terakhir, banyak spekulasi yang mengaitkan Dovizioso kemungkinan pindah ke KTM untuk 2021, meskipun bos merek Austria Pit Beirer telah menyangkal ini dengan menyatakan bahwa dalam pandangannya dia akan tetap mempertahankan keempat pengendara yang dikontrak KTM saat ini.

BACA JUGA  Mesin-Mesin MotoGP Bisa Di Panaskan Di Misano

Berbicara kepada Motorsport.com, manajer Dovizioso Simone Battistella mengatakan. “Saat ini, kami tidak memiliki proposal dari Ducati. Semuanya akan tergantung pada cara dan pendekatan yang dilakukan Ducati. Dengan kata lain, persentase gaji yang ingin dikurangi Andrea [untuk 2021]. Bukankah benar bahwa tahun ini kami beralih dari 19 grand prix ke 20 [pada kalender asli] dan itu tidak meningkatkan jumlah [pada kontrak] untuk pembalap?”

Setelah Dovizioso meraih enam kemenangan pada 2017 dan menjadi runner-up di klasemen, dan tetap menjadi saingan gelar terdekat Marc Marquez di musim sejak itu, kontraknya berubah dari yang diperkirakan bernilai € 1,5 juta menjadi € 6 juta.

Ducati ingin mengencangkan susunan pemainnya untuk 2021 di kedua tim miliknya dan tim satelit Pramac di bulan depan, dengan pasangan tim utama pabrikan yang kemungkinan terdiri dari Dovizioso dan Jack Miller seandainya kesepakatan dicapai dengan dovi. Jika ini terbukti menjadi masalahnya, masa depan Petrucci akan bermasalah, dia dikabarkan akan beralih World Superbike dengan Ducati. Dalam sebuah wawancara dengan Motorsport.com, Petrucci menyatakan fokus utamanya masih di MotoGP, di mana ia percaya ia mampu mencapai lebih banyak kemenangan.

BACA JUGA  Jelang Seri 1 MotoGP Qatar: Suzuki Bakal Ikuti Jejak Yamaha
Dovizioso dan Petrucci. Foto: motogp.com

“Saya belum memikirkannya, juga karena proposal ini belum datang kepada saya,” katanya ketika ditanya tentang kemungkinan langkah WSBK. “Tapi saya pikir saya bisa menang di MotoGP. Saya tidak mengatakan untuk titel kejuaraan dunia, tetapi saya menunjukkan bahwa setidaknya saya membawa pulang satu kemenangan dan saya ingin melakukannya lagi.”

“Jelas bahwa saya ingin melanjutkan di MotoGP, tetapi dengan motor yang kompetitif, untuk mencoba memperjuangkan posisi teratas. Jika ini tidak lagi mungkin, saya harus melihat-lihat dan mungkin melanjutkan di Ducati, tetapi di Superbikes. Tapi saat ini aku lebih suka fokus pada Rencana A (MotoGP) dan mencoba untuk menyelesaikannya,” kata Petrucci.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here