Mantan Pembalap MotoGP Ini Tuduh Ada Permainan di MotoGP, Benarkah Rossi dan Marquez Curang?

Anthony West Foto: otosportif.com

Baru-baru ini ada berita yang cukup viral di dunia media sosial tentang postingan mantan pembalap MotoGP yakni Anthony West. Bahkan nama sebesar Valentino Rossi dan Marc Marquez ikut terseret dan di tuduh curang dalam menggapai gelarnya. Benarkah itu?

Well, kita agak kebelakang dulu untuk mencari tahu siapa Anthony West. Bagi yang belum paham atau belum tahu, West adalah pembalap kawakan yang dulu pernah bermain di kelas Moto 2 di balap MotoGP sekitar tahun 1999 hingga 2015 dan pernah juga turun di kelas MotoGP di tim pabrikan Kawasaki. Dia berasal dari Australia dan bahkan pernah balap juga di ajang Asia Road Racing (ARRC) kelas Supersport 600. Beberapa tahun lalu West juga pernah berlaga di Sirkuit Sentul, Bogor di salah satu seri ARRC.

Anthony West Foto: otosportif.com

Pada tahun 2018 lalu West di tengarai melakukan pelanggaran yakni adanya zat adiktif peningkat stamina yang terkandung di dalam tubuhnya alias penggunaan doping.  FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) pun akhirnya memberikan hukuman kepada West dengan dilarang mengikuti semua kompetisi balap. Keputusan FIM tersebut keluar pada tanggal 14 Sepetember 2018 dan akibatnya sejak saat itu West nyaris berhenti total balap.

BACA JUGA  Ibunya Marquez dan Lorenzo Sepakat Mau Tabokin Pantat Anaknya Kalau…

Nah tahun 2019 kemarin West sebenarnya mengikuti sebuah balapan nasional di negara Brazil dengan di tim Kawasaki . Dia beranggapan bahwa balapan tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan FIM jadi dia awalnya tidak ada masalah hingga akhirnya keikut sertaannya balapan di Brazil menjadi masalah. Dengan resmi FIM menyurati West untuk tidak mengabaikan segala hukuman yang telah di berikan kepadanya. Meski balapan tersebut tidak berafiliasi dengan FIM namun aturan di olah raga manapun melarang terhukum untuk mengikuti semua kompetisi.

Anthony West saat berlaga di Sentul balap ARRC tahun 2016 Foto: otosportif.com

Dari hal itulah West mulai marah dan menuduh FIM agar tidak ikut campur dalam usahanya kembali ke balapan diluar afiliasi FIM. Bahkan di postingan West pada Jumat (24/01) di Facebook kemarin mengatakan jika FIM terlibat terlalu jauh bahkan mulai ikut mencampuri urusannya dengan Kawasaki Jepang agar berhenti menyeponsorinya. Dan di dalam postingan tersebut West juga menjelek-jelekkan FIM yang di duga ada main dengan Valentino Rossi dan Marc Marquez. Perang antara West dan FIM ini sebenarnya bukan saat ini saja namun juga pernah terjadi pada tahun kemarin. Tahun lalu West juga memaki-maki FIM akibat hal yang cukup mirip. Berikut ini adalah seklumit ucapan dia mengenai Rossi dan Marquez.

BACA JUGA  Marc Marquez Mengakui Kalau Sudah Sebulan Tidak “Gituan”

“..mereka membiarkan Marc Marquez menang di kejuaran dunia Moto2 dengan mengakali ECU nya. Ketika tim Tom Luthi memprotes, mereka bilang diam-diam saja, Spanyol butuh juara baru. Kau harus terima hasil di tempat ke dua dan seterusnya atau kau tidak akan berlomba lagi tahun depan disini.  Mereka juga membiarkan Rossi meraih semua juara di kelas 500cc dengan memberinya ban yang spesial untuk track khusus untuk dia agar bisa memenangi balapan. Mereka menggunakan ban helikopter dari pabrik hanya untuk Rossi. Jadi dia bisa memenangkan balapan. Semua yang kau lihat adalah palsu dan dikendalikan. Jangan percaya apa yang kau lihat. Mereka mengontrol siapa saja yang akan menang balapan dan siapa yang tidak. Aku sangat marah. Aku punya 100 cerita lebih yang seperti ini…..”  dan seterusnya (lihat di gambar-red).

BACA JUGA  Petronas Punya Rencana Lain Kalau Gagal Dapatkan Valentino Rossi
Postingan Anthony West di Facebook

Begitulah apa menjadi hal viral khususnya di dunia balap baru-baru ini. Sebenarnya West sendiri adalah pembalap yang cukup bagus bahkan dia pernah menjadi juara seri di ajang World Supersport dan berbagai balapan lain diluar MotoGP. Soal cuitannya tentang Marquez dan Rossi memang tidak bisa langsung di telaah mentah-mentah karena butuh pembuktian yang lebih jauh lagi. Sekali lagi itu adalah komentar dari seorang pembalap yang sedang marah kepada FIM kita juga tidak tahu ada motif apa dibelakang itu. Yang penting semoga masalah West cepat selesai dan ada keputusan yang saling menguntungkan dari kedua pihak dan berharap bisa menghentikan kegaduhan ini agar tidak meluas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here