Mengenal Lebih Dekat Sirkuit Pribadi Valentino Rossi

Valentino Rossi di Ranch VR46 Academy. Foto: istimewa

Juara dunia MotoGP sembilan kali, Valentino Rossi memang mempunyai sebuah Ranch atau tempat khusus untuk berlatih dirt bike.  Dia secara terjadwal berlatih dengan para pembalap muda di Akademi VR46 di rumahnya di Italia utara. Dalam fase corona ini, ia memberikan wawasan dan menunjukkan semua hal tentang trek sirkuit VR46 Academy kepada penggemarnya.

Pada saat virus corona saat ini menjadi kekuatan yang mampu mengalahkan segalanya, sang Juara Dunia MotoGP sembilan kali, Valentino Rossi membawa pengalaman unik dari Ranch motornya yang terkenal di Tavullia di Italia utara. Di tengah-tengah kebun-kebun anggur, bapaknya Rossi, Papa Graziano membeli bekas ladang pertanian ini beberapa tahun yang lalu, yang akhirnya berubah menjadi tempat berlatih selama bertahun-tahun.

Anggi Setiawan (kanan) saat naik Dirt Bike di VR46 Academy. Foto: Yamaha Indonesia

Selain Vale, para pembalap yang tergabung di Akademi VR46 seperti Luca Marini, Marco Bezzecchi, Celestino Vietti dan Andrea Migno juga memberikan dan menceritakan tentang teknik dan kesulitan berlatih di trek tersebut. Mereka menjelaskannya dalam sebuah video di Youtube yang di upload tanggal 15 April kemarin. (Link Youtube ada dibawah Artikel)

BACA JUGA  Siapa Pembalap MotoGP Yang Paling Banyak Memenangi Lomba?

Berlatih bersama di jalur balap yang benar seperti di sirkuit, seperti di Mugello atau Misano, tidak selalu mudah karena adanya keterbatasan waktu dan dan susahnya mengkoordinir dengan pihak setempat. Makanya dengan alasan tersebut biasanya malah ada banyak kegiatan di komunitas milik Rossi ini. Tentunya dengan melakukan anjuran kebersihan yang benar agar wabah pandemi juga tidak menyebar kepada para pembalap.

“Kami menginginkan tempat di mana kami dapat melakukan latihan. Terutama di musim dingin. Kami membutuhkan latihan di mana kami dapat lebih mengontrol keterampilan kami di atas sepeda motor saat motor banyak mengalami sliding. Anda akan memiliki cengkeraman yang jauh lebih sedikit pada motor trail dan Anda harus bergerak lebih banyak di kursi untuk mengontrol motor,” ujar Rossi menjelaskan konsep berlatih di Ranch miliknya ini.

BACA JUGA  Vinales: Saya Akan Merindukan Valentino Rossi

Kemudian, orang Italia pertama yang membawa balap gaya Dirt Track dari Amerika ke Eropa ini juga membawa para penonton pada satu putaran untuk melihatnya detail treknya. “Ada trek oval di luar dan dalam. Ini memungkinkan kita untuk belok kiri dan kanan. Sisanya adalah rute yang melengkung dan bervariasi. Ada tikungan cepat dan juga tikungan tusuk konde, yang jelas tata letak atau Layout sirkuit sangat menyenangkan,” tambah Rossi di video tersebut.

Menyenangkan tetapi tentu saja juga menantang, seperti yang dikonfirmasikan oleh pebalap Moto2, Bezzecchi. “Lintasan Oval adalah bagian yang paling sulit bagi saya karena ada 20 garis yang berbeda. Jika kamu melewati garis di bagian lain, kamu bisa lebih cepat. Permukaannya juga cukup licin dan kondisinya sering berubah. Kamu harus berkendara dengan sangat tepat disini.”

BACA JUGA  Valentino Rossi Yakin Punya Potensi Lebih Dengan Kru Baru

Saudara tiri Rossi, Luca Marini sangat mengantisipasi tikungan ke 2: “Daerah ini sangat penting dan menuntut konsentrasi tinggi. Awalannya agak menurun, lalu ada sedikit manarik gas dan kemudian naik kembali. Saya mencoba untuk fokus pada kurva ini setiap tahun, tetapi itu tidak mudah.” Tapi menurutnya sangat bagus karena tanah berpasir dapat meningkatkan sensitivitas terhadap roda depan dan belakang.

Bagi Rossi sendiri, lintasan intasan sangat memenuhi apa yang ia ingin kuasai. “Kita dapat melatih semua hal penting di sini untuk meningkatkan keterampilan kita saat di aspal.”

Galang Hendra (tengah) dan Immanuel Pratna (sebelah Rossi) adalah pembalap Indonesia pertama yang belajar di VR46 Ranch. Foto: Yamaha Indonesia.

Uniknya lagi beberapa tahun lalu para pembalap asal Indonesia mulai dari Galang Hendra, Immanuel Pratna dan Anggi Setiawan pernah belajar di sirkuit ini. Dengan langsung di didik oleh Valentino Rossi mereka bergabung di training VR46 Academy Master Camp bersama beberapa pembalap dari negara lain.

Link Video VR46 Academy Ranch:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here