MotoGP 2020 Udah Mau Mulai, Ducati Malah Galau, Kenapa?

Ducati. Foto: motogp.com

Terkait arah pengembangan motor untuk MotoGP 2020, General Manager Ducati Corse Gigi Dall’Igna sedikit menunjukkan kegalauan. Prioritas Ducati Corse di MotoGP 2020 adalah meningkatkan performa Desmosedici di tikungan. Meski begitu, ia juga merasakan dilema soal pengembangan mesin, jika melihat performa para rival.

“Prioritas kami pada 2020 bukan mesin. Tapi benar Honda mengalami kemajuan besar pada 2019,” ujarnya via Crash.net. Melihat kemajuan Honda, Dall’Igna ingin meningkatkan, atau setidaknya mempertahankan, keunggulan mesin Ducati. Namun, mau tidak mau ia harus mendengar masukan para ridernya yang meminta peningkatan performa Desmosedici di tikungan agar tidak jauh tertinggal dari para rival.

Sejak turun di MotoGP pada 2003, Ducati dikenal mesin motornya yang sangat bertenaga dan membuat sangat unggul di trek lurus. Namun, pada 2019 Ducati dapat rival sepadan di area ini, yakni Honda. “Saya tidak kaget atas evolusi mesin Honda. Jika saya jadi direktur teknis Honda, tentu saya akan kembangkan mesin, karena harus berada di level yang setidaknya sama dengan rival,” katanya.

Dall’Igna pun memilih untuk tetap menjalankan program yang sudah ditentukan, yakni memperbaiki performa Desmosedici di tikungan, namun juga akan terus mengamati gerak-gerik lawan di area mesin. “Tapi pada saat yang sama, saya juga ingin membuat mesin Ducati selangkah lagi lebih maju, demi mempertahankan margin yang kami punya atas para rival kami saat ini. Jika ingin tetap kompetitif, kami juga harus memperbaiki diri agar tidak terpuruk. Jadi, mesin memang bukan prioritas tapi tetap penting,” papar Dall’Igna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here