MotoGP Andalusia: Fabio Quartararo Raja Baru Sirkuit Jerez Hasil dari Balapan yang Brutal

Fabio Quartararo Raja Baru Sirkuit Jerez. / Foto: Michelin

OTOSPORTIF – Balapan yang sangat brutal terjadi di seri 2 MotoGP Andalusia 2020 dimana banyak sekali pembalap terjatuh maupun berhenti karena mesin yang hancur. Namun Yamaha sukses menempatkan tiga pembalapnya di posisi 3 besar dengan Fabio Quartararo sebagai pemimpin kejuaraan sekaligus pemuncak posisi klasemen dan menjadi Raja Baru Sirkuit Jerez.

Untuk pertama kalinya sejak Phillip Island 2014, Yamaha memiliki tiga motornya di podium juara. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) sangat dominan pada hari Minggu di Gran Premio Red Bull de Andalucia, dengan Maverick Vinales dan rekan setim MotoGP Yamaha, Valentino Rossi. Keduanya sempat bertarung dengan mengesankan dan berebut di posisi ke dua. Ini adalah podium pertama The Doctor sejak MotoGP Austin 2019 di Amerika GP.

Fabio Quartararo mendapatkan start bagus setelah lampu hijau menyala dengan Rossi juga menohok kedepan dengan sangat baik dari grid ke 4. Terlihat piranti Holeshot milik Yamaha bekerja dengan baik ditangan para pembalapnya.

BACA JUGA  Lagi-lagi, Maverick Vinales Salip Valentino Rossi

Tetapi drama dibuka di belakang tempat kelima saat Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3) jatuh dalam belokan pertama yang melibatkan Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) dan Bradley Smith (Tim Balap Aprilia Gresini). Pembalap Portugal itu keluar dari perlombaan.

Sempat terjadi gap antara tiga pembalap Yamaha di bagian depan dengan dua pembalap Pramac Racing dari Jack Miller dan Francesco Bagnaia. Lambat laun Quartararo mulai mantap mengendalikan Yamaha M1 dan memperlebar jarak dengan barisan kedua dimana Vinales sempat melebar di tikungan terakhir mencoba melewati Quartararo, dan membiarkan The Doctor lolos.

Keunggulan Quartararo hingga Lap 4 mencapai 1,5 detik dan Vinales tidak dapat menemukan jalan untuk melewati Rossi. Duo pembalap tim satelit Pramac Racing juga agak kesulitan mengejar Quartararo. Sebagai pembalap senior Rossi juga tidak bisa berbuat apa-apa tentang kecepatan Quartararo yang lebih dari setengah detik lebih cepat, 6 lap berlalu jarak dengan pembalap Perancis ini sudah hampir tiga detik.

BACA JUGA  Jorge Lorenzo: Rival Terberat saya Adalah Rossi Dan Marquez Bisa Dikalahkan Oleh Siapapun

Bagnaia sempat membuat kemajuan untuk bisa melewati Miller dan Vinales namun, perlombaan di Jerez dengan cepat mulai menjadi perlombaan gesekan dalam panasnya Andalusia bahkan di beberapa bagian dari lintasan suhu mencapai 63 derajat. Akhirnya dia hanya bisa finish di samping tembok pembatas karena mesinnya meledak.

Sang juara Fabio Quartararo menunggu balapan Grand Prix atau MotoGP Andalusia untuk menekankan bahwa dirinya memang layak diperhitungkan dan ini sekaligus jawabannya sebagai Raja Sirkuit Jerez dengan mendominasi untuk kedua kalinya berturut-turut.

Dengan kemenangan dobel ini, ia masuk jajaran elit sejarah sepeda motor di Perancis dan dalam statistik, ia adalah pembalap termuda kedua yang menang dua kali berturut-turut di MotoGP. Tepat di belakang Marc Marquez.

Dengan dua kemenangan dalam dua balapan, Fabio Quartararo membuat hasil yang sempurna dan meninggalkan Jerez dengan perasaan bangga.

Yamaha Bagus Tapi Daya Tahan Dipertanyakan

BACA JUGA  Valentino Rossi: Saya Lebih Jago Main Balap Mobil

Yamaha adalah raksasa namun mempunyai banyak kelemahan salah satunya adalah daya tahan mesin. Dua seri menunjukkan mesinnya gagal, dan lima yang dialokasikan untuk itu telah digunakan oleh sebagian besar pembalapnya.

Pekan lalu, Rossi bermasalah dengan mesin dan Minggu ini, Morbidelli mengalaminya juga. Ini mengkhawatirkan padahal sirkuit berikutnya adalah sirkuit yang sangat menuntut kekuatan dan daya tahan, seperti di sirkuit di Brno dan Red Bull Ring Austria yang akan datang.

Hasil Balap MotoGP Andalusia 10 besar:

  1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT)
  2. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 4.495
  3. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 5.546
  4. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 6.113
  5. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 7.693
  6. Andrea Dovizioso (Tim Ducati) + 12.554
  7. Pol Espargaro (Balap Motor KTM Red Bull) + 17.488
  8. Alex Marquez (Tim Repsol Honda) + 19.357
  9. Johann Zarco (Hublot Reale Avintia) + 23.523
  10. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 27.091

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here