MotoGP Bisa Batal Tahun Ini Atau Di Tunda dan Digelar Tanpa Penonton

Adakah pertarungan seru di tahun 2020 antara keduanya? Belum Pasti. Foto: motogp.com

Dampak virus Corona yang sudah menyebar ke berbagai negara mengakibatkan tayangan atau gelaran MotoGP 2020 terancam batal. Hal ini memang masih dalam tahap kemungkinan atau spekulasi, namun jika melihat penanggulangan Corona yang belum juga bisa maksimal bisa jadi hal terburuk atau batalnya MotoGP 2020 mungkin terjadi.

Para pembalap yang khususnya kelas MotoGP yang seri pertama di Qatar tidak turun balapan mempunyai kemungkinan akan terus beristirahat di homebase sampai menunggu hal yang belum pasti. Setelah seri Qatar ditayangkan dan Thailand ditunda seharusnya balapan menuju benua Amerika untuk seri Austin dan Argentina. Namun hingga sekarang pihak Dorna juga belum berani memastikan seri Austin akan dilanjutkan atau tidak.

Berita terbaru dari Amerika khususnya kota Austin yang telah mengumumkan akan membatalkan semua kegiatan yang melibatkan lebih dari 2.500 orang. Meskipun nantinya akan di evaluasi tiap eventnya namun beberapa event musik, film dan sebagainya sudah di batalkan. Hal ini adalah langkah dari pemerintah kota Austin yang tidak ingin terdampak virus tersebut meskipun hingga saat ini belum ada laporan korban virus Corono di Austin. Untuk event MotoGP sendiri memang belum ada keputusan dari Dorna namun jika melihat hal tersebut bisa jadi balapan akan di batalkan.

BACA JUGA  Bos Ducati Serang Honda: Lebih Baik Runner Up Daripada Juara Dunia Cuma Lewat 1 Pembalap Saja

“Tujuan kami adalah tetap menggelar dari semua balapan yang tersisa. Memang belum ada masalah di Amerika Selatan hingga saat ini namun kita terus melihat situasinya bagaimana dan juga melihat situasi di Eropa. Kita memantau kondisi ini nggak cuman hari demi hari namun sudah berubah dari tiap jamnya,” ungkap Loris Capirossi anggota Race Director yang juga mengulang apa yang di katakan petinggi Dorna, Carmelo Ezpeleta.

Jika pun nantinya MotoGP akan di batalkan atau diundur khusus di benua Amerika apakah situasi di Eropa juga akan aman. Sepertinya juga Tidak, karena di benua Eropa banyak negara yang juga sudah terkena dampak virus epidemik ini. Terbaru adalah kabar dari negara Italia yang paling banyak mendapat dampak dan korban dari virus Corona. Perdana Menteri Italia, Giussepe Conte baru-baru ini mengumumkan jika semua wilayah Italia di berlakukan zona perlindungan. Bahkan di 14 Propinsi di Italia sudah dilakukan zona merah yang artinya penduduk dianjurkan tinggal dan beraktifitas di rumah.

BACA JUGA  Vinales Raih Kemenangan Pertamanya Musim Ini

Olah raga di Italia juga terdampak salah satunya adalah sepak bola yang sudah tidak akan di gelar lagi untuk sementara. Bahakan persatuan olahraga Italaia atau CONI sudah mengumumkan jika tidak akan ada event olehraga setidaknya hingga tanggal 3 April nanti. Khusus untuk olahraga balap sepertinya MotoGP Italia masih agak lama namun yang menjadi masalah ketika para pembalap dari Italia yang akan membalap ke negara lain yang sudah tentu akan memberi batasan masuknya orang Italia ke negara mereka.

Apalagi kini Italia juga menerapkan aturan baru buat beberapa propinsinya yang melarang warganya berpergian ke luar negeri kecuali urusan penting keluarga atau pekerjaan. Salah satu propinsi tersebut adalah Urbinho dimana Valentino Rossi berasal. Inilah yang akan menjadi kasus utama di MotoGP khususnya. Meskipun Rossi bisa saja tetap keluar negeri karena alasan pekerjaaan namun banyak juga kru dan manager balap yang berasal dari beberapa propinsi yang lain yang terkena aturan tersebut. Memang mereka bisa keluar negeri dengan alasan pekerjaan tapi kesulitan dan masalah pasti akan banyak mendera. Terutama dari negara-negara tujuan yang menerapkan aturan dan kebijakan karantina 2 minggu bagi para pendatang dari luar negaranya.

BACA JUGA  Valentino Rossi: Quartararo, Vinales dan Morbidelli Jauh Lebih Kuat dari Saya

Patut di jadikan contoh adalah balapan Formula One yang rencananya akan di gelar tanpa penonton. Balapan F1 sebentar lagi akan di gelar di Australia dan Bahrain yang sudah dipastikan tanpa penonton. Tinggal menunggu keputusan FIM dan Dorna akan bagaimana dengan balapan MotoGP ini selanjutnya. Akan dibatalkan seluruhnya, atau di tunda dengan batas yang ditentukan atau digelar tanpa penonton. Buat fans dari Indonesia ini tentu menjengkelkan, sudah tidak ada balapan MotoGP di Indonesia, nonton tivi pun nggak jadi-jadi karena kacaunya jadwal MotoGP 2020. Mau gimana coba? hehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here