MotoGP Tahun Depan Pasti Bermasalah, Ini Alasannya

MotoGP. Foto: motogp.com

Carut marutnya musim balapan tahun ini (2020) akan mengakibatkan permasalahan di musim berikutnya atau tahun depan di 2021. Banyak faktor yang melatarbelakanginya salah satunya tentu saja wabah virus yang belum kunjung kelar. Dorna juga mengkhawatirkan jika masalah ini terus berlanjut akan membawa dampak yang krusial di musim berikutnya.

Musim balap tahun ini di prediksikan masih bisa di gelar meskipun akan banyak pengurangan seri balap. Penghapusan balapan di beberapa negara akan di lakukan sebagai upaya keamanan dan sudah mepetnya menuju akhir tahun. Dengan kasus ini tentu Dorna akan berfikir keras dan kreatif untuk menjaga komitmen untuk menggelar balapan musim ini.

Dorna pun juga harus kraetif karena dengan tidak adanya balapan maka akan banyak uang yang hilang dan mengalami kerugian banyak. Selama ini Dorna sudah memberikan insentif kepada tim-tim yang berlaga agar mereka bisa tetap hidup dan membiayai operasional timnya.

“Kita memberikan uang insentif kepada tim agar mereka bisa membayar para pekerjanya, uang sewa dan lain-lain untuk segala operasionalnya. Kalau tidak begitu orang-orang yang berada di tim tersebut akan menghilang dan mencari pekerjaan baru sehingga ketika balapan akan dimulai dan di gelar lagi, para profesional ini tidak ada dan tim yang akan kesusahan,” ungkap Carmelo Ezpeleta bos Dorna seperti dilansir dari speedweek.com.

BACA JUGA  Ini Dia Sirkuit Yang Sudah Siap Menggelar MotoGP dan Formula 1
Carmelo Ezpeleta. Foto: motogp.com

Lalu langkah-langkah lain apa yang akan di tempuh Dorna demi menyelamatkan balapan terkondang sejagad ini. Tentu ada beberapa langkah yang akan di lakukan dan mereka sudah memberikan kisi-kisi untuk segera di setujui oleh semua tim balap yang terlibat. Beberapa usulan ini sudah di kemukakan dan di umumkan kepada semua tim diantaranya adalah pengurangan kru untuk menjaga penekanan biaya dan efektifitas.

Pembicaraan tentang pengurangan jumlah anggota tim ini akan diberlakukan kemungkinan pada musim berikutnya mengingat dampak wabah yang mungkin masih terjadi. Pada kelas Moto3 akan dibatasi hanya akan ada 2 mekanik sedangkan pada kelas Moto2 hanya ada 3 mekanik dan pada kelas utama MotoGP akan diberikan 4 mekanik. “Tapi kita juga memikirkan langkah lain untuk balap masa mendatang karena dunia akan berbeda setelah ada krisis ini,” ungkap Ezpeleta.

BACA JUGA  Legenda MotoGP Carlo Ubbiali Meninggal Dunia

Seperti diketahui saat ini adalah masa-masa krisis yang membuat semua perusahaan mengalami penurunan penjualan khususnya di sektor industri otomotif. Banyak pabrikan harus menyetop produksi sementara agar mereka tetap bisa bertahan ditengah hantaman badai krisis ini. Penjualan sepeda motor di seluruh negara tentu akan mengalami penurunan secara drastis dan tentu saja dana yang mereka miliki akan terbatas dan mempengaruhi juga ekonomi di tiap-tiap negara. Dan inilah yang akan mempengaruhi musim balapan dimasa mendatang. Akan ada kemungkinan musim balap 2021 akan terganggu dan bermasalah mengingat prioritas di berbagai negara yang akan menjadi tuan rumah.

Kru mekanik akan dibatasi musim depan. Foto: motogp.com

“Ya, itu bisa terjadi jika beberapa pemerintah tidak mengizinkan kita masuk. Pada prinsipnya, sebagian besar sirkuit atau acara GP didukung oleh pemerintah. Dan beberapa negara mungkin tidak membuka perbatasan atau membuka pintu masuk serta semua pendatang harus tetap di karantina selama 14 hari. Selain itu, banyak investor atau sponsor di MotoGP akan mengalihkan investasi mereka kedalam sektor kesehatan dibanding olahraga. Pemerintah Australia, misalnya, berencana untuk melarang setiap acara besar hingga akhir 2021,” ungkap Ezpeleta.

BACA JUGA  Jangan Ragukan Rossi Ketika Jarak Tak Terlalu Jauh

Nah dengan keadaan ini kita semua jadi tahu apa yang dihadapi oleh Dorna dalam melangsungkan balapan ini. Kita sebagai pecinta MotoGP memang harus maklum dengan kondisi tersebut dan berharap semua bisa dilalui dengan baik. Namun memang tidak ada yang mudah bagi Dorna untuk menyelamatkan balapan terutama untuk musim ini dengan berbagai masalah yang di hadapi. Kita akan sangat bersyukur jika musim ini ada balapan, namun memang jika dibatalkan, kita tidak kaget dan sudah tahu alasannya. Apalagi untuk musim depan, berharap ada balapan meski yang pasti tidak akan seperti tahun-tahun sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here