MotoGP Thailand Terancam Mundur Gara-Gara Virus Corona, Ini Kata Dorna

Chang International Cirkuit, Buriram Thailand. Foto: motogp.com

Lagi-lagi pembahasan tentang dampak virus Corona menyebar luas ke dunia olahraga khususnya balapan. Setelah FIA resmi akan mengundurkan jadwal balap Formula One di China dan akan mencari waktu lagi di bulan Oktober kini sorotan tajam justru ke arah balap motor paling bergengsi di dunia MotoGP.

Awal bulan Maret seri pertama MotoGP akan di gelar di Qatar dan itu sudah di konfirmasi oleh Dorna selaku penyelenggara MotoGP. Dorna tetap akan menggelar balap perdana di Qatar setelah mendapat jaminan keamanan terutama tentang isu virus tersebut. Jadi kita sebagai pecinta balap MotoGP tetap akan bisa melihat pertarungan perdana Rossi, Marquez, Dovisiozo dan kawan-kawan sesuai jadwal yang telah di agendakan.

BACA JUGA  Bagi Valentino Rossi 13 balapan Sudah Cukup untuk musim MotoGP 2020

Masalah baru akan terlihat pada seri kedua dimana MotoGP akan di langsungkan disirkuit Buriram, Thailand (Chang Circuit) pada 22 Maret 2020. Kabarnya Dorna masih belum mendapatkan jaminan keamanan dari pemerintah setempat bahwa Thailand masih aman dari virus epidemic ini.

“Kita akan tetap menggelar seri pertama di Qatar sesuai jadwal karena sudah ada jaminan. Khusus untuk Thailand kita masih menunggu keputusan pemerintah setempat dan melihat jawaban dari mereka. Keputusan kita akan tergantung dengan jawaban mereka, karena bagi kami keamanan adalah prioritas, dan jika memang masih belum siap dan aman kita akan mencari jadwal lagi untuk Thailand. Saat ini kita masih menunggu jawaban dalam beberapa hari ini sebelum kita berangkat ke Qatar,” tegas CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

BACA JUGA  Apa Komentar Para Pembalap Soal Jadwal Resmi MotoGP Terbaru

Sebenarnya jika melihat posisi dan letak geografis Thailand tidak jauh dari Malaysia. Memang posisi Thailand yang lebih dekat ke China tapi waktu di Malaysia sebenarnya aman-aman saja. Hanya ada masalah kecil ketika Cal Crutchlow dianggap rasis oleh fans dari China gara-gara virus tersebut.

Faktor isu keamanan seperti ini sebenarnya pernah terjadi saat balap MotoGP akan di gelar di Motegi, Jepang. Tahun 2011 lalu bencana di Fukushima Jepang dimana ada reaktor nuklir yang bocor membuat gelaran MotoGP sempat akan di pindahkan tapi tidak jadi dan tetap di gelar. Sepertinya seri ke dua di Thailand akan aman-aman saja dan tetap akan di gelar meski kekhawatiran itu ada, tinggal jaminan pemerintah Thailand yang jadi acuan Dorna.

BACA JUGA  GARA GARA VIRUS, PEMBALAP HONDA INI DITUDUH RASIS OLEH FANS ASIA

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here