Ini Dia Jadwal Resmi MotoGP 2020, Mana Saja Yang Balap Ganda

jadwal Baru MotoGP 2020. Foto: motogp.com

OTOSPORTIF – Dorna akhirnya merilis secara resmi jadwal balap MotoGP 2020 hari ini (11/6). Jadwal yang telah lama ditunggu oleh para pelaku dan pecinta MotoGP setelah sempat berubah-ubah saat awal ada pandemi Covid-19.

Akhirnya setelah lama ditunggu musim 2020 akan segera dimulai dan sesuai yang direncanakan akan mulai pada 19 Juli di Jerez. Grand Prix Jerez akan mulai pertama dari dua balapan berturut-turut di lintasan Andalusia ini.

Total ada 13 seri balapan yang sampai saat ini telah dikonfirmasi sedangkan yang lain (luar Eropa khususnya) akan dievaluasi lagi, sambil menunggu situasi lebih aman. Sedangkan dari 13 balapan ini semuanya dilakukan tanpa ada penonton dan hanya akan ditayangkan di televisi.

Sedangkan cara pelaksanaan balapan juga akan diatur sedemikian rupa dengan protokol kesehatan yang cukup ketat. Salah satunya adalah antar orang dilarang berhubungan langsung Face to Face demi menjaga jarak aman.

BACA JUGA  Kabar Terbaru Dorna Perbolehkan Tim MotoGP Menambah Orang, Berapa Banyak?

Dan tentu saja masker atau pun penutup muka dari mika akan menjadi pemandangan yang biasa. Akan menarik melihatnya di televisi ketika MotoGP akan melakukan sesuatu hal yang baru pertama dilakukan ini.

Sirkuit Jerez sudah pasti akan mulai dengan putaran ganda dan kemudian dua nama sebagai pembeda yakni GP Spanyol dan GP Andalusia. Kemudian balapan pindah ke Republik Ceko pada bulan Agustus, untuk kemudian memiliki dua balapan lagi di Red Bull Ring (Austria-Styria).

Sedangkan di Italia setelah Mugello batal maka akan ada balapan ganda juga di Grand Prix San Marino yakni bernama GP Riviera Rimini dan Grand Prix Emilia Romagna Riviera Rimini (namanya panjang banget), keduanya ada di sirkuit Misano. Lalu ada satu putaran di Catalunya, serta satu di Perancis, untuk kemudian diakhiri dengan dua seri di Aragón dan dua lagi di Valencia.

BACA JUGA  Marc Maquez Janji Sudah Fit 100% Saat di Qatar

Tiga belas Grand Prix sejauh ini direncanakan, yang bagaimanapun bisa menjadi jauh lebih banyak jika keadaan membaik. Masih ada kemungkinan untuk masa pemulihan di Amerika, Argentina, Thailand dan Malaysia nantinya.

Ke empat negara ini bisa saja menggelar pada bulan Desember tetapi akan perlu untuk evaluasi situasi dan juga dilihat bagaimana langkah-langkah konsekuen dilakukan oleh pemerintah dari negara tersebut.

Kalender 2020 baru

08 Maret: Doha / Q (tanpa MotoGP)

19 Juli: Jerez (GP Spanyol)

26 Juli: Jerez (GP Andalusia)

09 Agustus: Brno (GP Republik Ceko)

16 Agustus: Spielberg (GP Austria)

23 Agustus: Spielberg (GP of Styria)

13 September: Misano (GP San Marino e Della Riviera di Rimini)

BACA JUGA  Orang Tua Valentino Rossi Ingin Anaknya Balapan Hingga Umur Sekian

20 September: Misano (GP Emilia Romagna e Della Riviera di Rimini)

27 September: Barcelona-Catalunya (GP Catalunya)

11 Oktober: Le Mans (GP Perancis)

18 Oktober: Aragon (GP Aragon)

25 Oktober: Aragon (GP Teruel)

8 November: Valencia (GP Eropa)

15 November: Valencia (GP Comunitat Valenciana)

Dihapus tanpa penggantian:

7 Juni: Mugello / I

21 Juni: Sachsenring / D

28 Juni: Assen / NL

12 Juli: KymiRing / FIN

30 Agustus: Silverstone / GB

18 Oktober: Motegi / J

25 Oktober: Phillip Iceland / AUS

Belum dibatalkan:

GP of America (Sirkuit Amerika, Austin / Texas)

GP Argentina (Sirkuit Termas de Río Hondo)

GP Thailand (Sirkuit Internasional Chang)

GP Malaysia (Sirkuit Internasional Sepang)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here