Pasar Turun, Mitsubishi Fuso Tetap Dominasi Kendaraan Niaga 2019

Foto: Dok. KTB

Tahun 2019 dengan berbagai gejolak di level nasional memberikan efek melambatnya pasar otomotif nasional. Namun, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), menorehkan angka penjualan absolut di tengah trend penjualan pasar kendaraan niaga yang menurun hingga 19% di sepanjang tahun 2019.

Data penjualan retail Mitsubishi Fuso selama tahun 2019 tercatat sebanyak 41,736 unit, cenderung menurun 18.4% jika dibandingkan performa tahun sebelumnya 51,132 unit. Meski begitu Mitsubishi Fuso tetap mendominasi dengan pangsa pasar 44.2%. “2019 merupakan tahun penuh tantangan, namun kami berhasil mempertahankan dominasi kami di tengah kondisi pasar yang melemah,” ungkap Dony Hermawan, Head of PR & CSR KTB.

BACA JUGA  Jadwal F1 2020, Rekor Terbanyak, Jerman Terdepak

Secara detail, penjualan KTB terdiri dari Colt Diesel di segmen light duty truck (LDT) sebanyak 36,575 unit dengan pangsa pasar absolut 55.4%. Sedangkan FUSO dan Fighter di kelas medium duty truck (MDT) dan heavy duty truck (HDT) sebanyak 5,161 unit dengan pangsa pasar 23.4%, meningkat jika dibandingkan dengan pangsa pasar tahun sebelumnya sebesar 19.2%.

Peningkatan pangsa pasar di segmen MDT tak lepas dari kehadiran Fighter yang mulai diluncurkan di tahun 2019 lalu. Sebanyak 15 varian dihadirkan memenuhi berbagai kebutuhan bisnis konsumen di bidang logistik, perkebunan, pertambangan, hingga infrastruktur.

Pencapaian lain yang diraih KTB adalah penghargaan bergengsi sebagai Best Distributor (large size market) 2019 dari Daimler Truck Asia. Penghargaan ini diraih atas pertumbuhan yang cukup signifikan baik dari sisi sales dan customer service. Hal ini semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai pasar penting bagi brand FUSO secara global.

BACA JUGA  Grand Launching Website Arista Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here