Pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir Selalu Ingin Lebih

Joan Mir Suzuki Ecstar
Foto: suzuki-motogp.com

Pada musim balap MotoGP 2019, pembalap rookie dari Suzuki Ecstar, Joan Mir menjadi satu-satunya debutan yang membela tim pabrikan. Meskipun tidak meraih satu pun podium, Joan Mir mengaku debutnya di MotoGP pada 2019 lebih baik dari ekspektasi, meski gagal meraih gelar the best rookie.  Joan Mir konsisten bertarung di posisi 10 besar dan mampu mengakhiri musim balap di peringkat 12 pada klasemen umum pembalap.

“Debut saya lebih baik dari ekspektasi. Tadinya saya pikir hanya memperebutkan posisi 15 besar, ternyata bisa di posisi 10 besar. Saya finis di posisi delapan besar pada balapan pertama, jadi ini lebih baik dari yang saya duga. Namun tidak cukup hanya sampai di sini, Saya selalu ingin lebih,” kata Mir seperti dilansir Motomatters.

BACA JUGA  Komentar Wayne Rainey Soal Valentino Rossi

Joan Mir yang berusia 22 tahun ini mengaku tak menyangka bakal turun di MotoGP hanya pada tahun keempatnya di MotoGP. Joan Mir baru turun di Moto3 pada 2016 dan pada 2017 sukses menjadi juara dunia Moto3. Kemudian hanya setahun turun di Moto2 2018 sebelum digaet oleh Suzuki di MotoGP.

Joan Mir mengikuti jejak Maverick Vinales yang juga hanya turun setahun di Moto2. Meski yakin dirinya punya potensi besar meraih gelar dunia di kelas tersebut, Mir yakin naik ke MotoGP pada 2019 adalah keputusan tepat. Jika menolak tawaran Suzuki, maka ia mungkin harus menunggu sampai 2021 untuk naik kelas.

“Jelas saya ingin turun setahun lagi di Moto2, dan merebut gelar, karena kami bisa melakukannya. Saya tak dapat kesempatan itu, tapi semua berjalan dengan sendirinya. Jika bertahan di Moto2, mungkin saya harus tunggu dua tahun lagi untuk ke MotoGP. Saya merasa itu waktu yang tepat. Dan akhirnya saya pun bahagia di sini,” tuturnya.

BACA JUGA  Marc Maquez Janji Sudah Fit 100% Saat di Qatar

Dengan pengalaman satu tahun di MotoGP serta didukung performa GSX-RR yang semakin meningkat, Joan Mir pun diprediksi akan lebih kompetitif pada 2020. Joan Mir bersama Alex Rins,  seniornya di tim Suzuki Ecstar, akan kembali turun lintasan di uji coba pramusim Sepang, Malaysia, pada 7-9 Februari nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here