Pembicaraan Petronas dan Yamaha Soal Rossi Tengah Dilakukan

Razlan Razali dan Lin Jarvis. Foto: motogp.com

Bos Petronas Yamaha, Razlan Razali, mengungkapkan bahwa sudah ada pembicaraan tentang penandatanganan Valentino Rossi untuk musim MotoGP 2021 khususnya dengan Yamaha. Juara dunia MotoGP tujuh kali Rossi akan keluardari tim pabrikan Yamaha pada akhir tahun ini dan akan digantikan oleh Fabio Quartararo.

Awalnya Yamaha telah meminta Rossi untuk memutuskan masa depannya pada awal tahun ini. Tapi Rossi ingin menunggu dulu hingga 6 seri balapan dan Yamaha tidak mau dan akhirnya mengontrak Quartararo. Rossi pun telah dijamin akan diberi dukungan penuh dari Yamaha jika ia memilih untuk balapan musim 2021 dengan tim Petronas SRT.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Motorsport.com, Razali mengkonfirmasi sudah ada pembicaraan dengan Yamaha tentang kesepakatan 2021 untuk Rossi, meskipun rincian yang lebih jauh akan diperbaiki lagi. “Kami bertemu dengan Yamaha dan kami sudah tahu proposal mereka. Tapi sekarang kita harus duduk dengan semua bagian dan mulai menangani detailnya. Itu yang belum dilakukan,” kata Razali.

BACA JUGA  Valentino Rossi Sudah Berlatih di Misano, Sayang Videonya Hilang Dari Dunia Maya

“Sejauh ini kami telah menganalisis masalah teknis. Karena Valentino harus dicocokkan juga dengan sponsor kami. Kami harus menyeimbangkan semuanya karena dengan mengontraknya selama satu tahun, kita juga melihat apa yang bisa kami dapatkan sebagai imbalan. Jelas akan ada keuntungan dari sisi promosi nantinya dan memiliki Valentino adalah nilai yang besar. Saat ini, semuanya terlihat bagus, tetapi kami harus mulai menganalisis detailnya,” ungkapnya.

Razali mengatakan bahwa salah satu poin utama yang harus dibakukan adalah siapa yang akan dibawa oleh Rossi dari skuad lamanya di Yamaha, dan yang pasti juga tidak harus merubah struktur teknis saat ini di Petronas SRT. “Biasanya, ketika seorang pembalap pindah ke tim lain maka dia akan membawa serta peralatan yang paling nyaman baginya. Kami tahu akan hal itu, karena kami juga tidak ingin mempersulit mekanik dan teknisi yang dibawanya karena dia berada dalam posisi untuk memperjuangkan gelar juara,” kata Razlan yang asli orang Malaysia tersebut.

BACA JUGA  Carlo Pernat Bikin Kontroversi Lagi, Kali Ini Soal Marquez dan Rossi

“Kami menjelaskan kepada Yamaha bahwa di Petronas kami memiliki tim teknis kami sendiri, dan kami memilih untuk tidak merubah struktur itu. Tentunya hanya dua atau tiga teknisi Rossi yang akan ikut dengannya, tetapi kami masih harus berbicara soal itu,” tambah Razlan.

Dari kru inti milik Rossi, kepala kru baru David Munoz dan mekanik lama Alex Briggs adalah yang paling mungkin untuk pindah ke Petronas SRT bersamanya. Rossi kemungkinan akan dipasangkan dengan anak didiknya sendiri yakni,  Franco Morbidelli di Petronas tahun depan. Apalagi Razali juga sudah mengkonfirmasi bahwa timnya akan mengontrak kembali Morbindelli yang juara dunia Moto2 2017 itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here