Prediksi Mobil Baru 2020, Siapa Duluan Meluncur?

Daihatsu Rocky Foto: www.carscoops.com

Deretan mobil baru siap meluncur di 2020. Tahun baru, saatnya mobil baru untuk penyegaran tunggangan penunjang keseharian. Beragam produsen berencana meluncurkan produk-produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia. Berikut prediksi deretan mobil baru 2020 yang siap meluncur di Tanah Air.

Daihatsu Rocky – Toyota Raize

Sejak diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 2019 lalu, nama Daihatsu Rocky terus ramai diperbincangkan. Hal itu tidak terlepas dari nama besar Daihatsu Taft varian Rocky yang pernah eksis pada era 1990-an. Tak lama berselang, Toyota Raize yang produk kembar Daihatsu Rocky, juga diluncurkan.

Rocky-Raize merupakan kendaraan crossover atau mini SUV yang berpotensi menggangu dominasi Honda HR-V di segmen hatchback crossover. Selama ini HR-V melenggang sendirian seolah tanpa lawan. Meski Toyota Astra Motor dan Astra Daihatsu Motor enggan berkomentar, tapi diperkirakan akan diluncurkan pada medio 2020. Rocky dan Raize kemungkinan akan ditenaga mesin 1.000 cc turbo sama seperti yang dipasarkan di Jepang. Untuk Toyota, Raize akan memunculkan market baru, mengisi segmen antara Rush dan Toyota C-HR.

 

Toyota Prius PHEV

Mobil plug in hybrid Toyota, Prius PHEV meramaikan bursa peluncuran mobil anyar tahun ini. Prius PHV sendiri dijadwalkan akan mengaspal di Indonesia pada akhir tahun 2019. “Untuk Plug In Hybrid akan kami launch di awal tahun depan,” jelas Henry Tanoto, Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM), saat dijumpai beberapa waktu lalu di Media Year End Gathering Toyota.

BACA JUGA  Toyota Sediakan Avanza untuk Bawa Spesimen Pasien COVID-19

Mitsubishi Pajero Sport

Pada 2019 lalu Mitsubishi Thailand telah meluncurkan tipe Pajero Sport baru pada Juli 2019. Ubahan Pajero Sport terbaru ini ada pada facelift yang terletak pada bagian depan. Dengan facelift ini mempertegas identitas mobil Mitsubishi melalui desain ‘dynamic shield’. Selain itu, perubahan lainnya adalah interior yang menawarkan kualitas dan kenyamanan lebih. Karena Mitsubishi Indonesia belum meluncurkan Pajero Sport baru pada 2019, kemungkinan besar akan diluncurkan pada 2020.

Suzuki XL7

Produk pertama yang layak ditunggu adalah hadirnya Suzuki XL7. Model ini diperkirakan mulai diproduksi pada Januari atau Februari 2020 di Pabrik Suzuki di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Suzuki XL7 dibangun dari basis Ertiga dan sudah dipasarkan di India dengan nama Suzuki XL6. Di Indonesia, karena karakter konsumen yang lebih menyukai konfigurasi tujuh tempat duduk, kemungkinan akan mengambil nama XL7, atau bisa juga dengan nama Ertiga Cross.

BACA JUGA  Suzuki XL7 Capai Target Meski Baru 1 Bulan di Luncurkan

Jika dilihat dari model yang beredar di India, XL7 memiliki dimensi lebih bongsor dibanding Ertiga reguler. XL7 juga akan mendapatkan tambahan bodi kit yang membuatnya tampah seperti mobil crossover. Model ini akan mengisi segmen yang dihuni Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, dan Mitsubishi Xpander Cross.

Nissan Leaf dan Nissan Note

Nissan memastikan akan meluncurkan listrik Leaf dan hybrid Note e-Power di Indonesia di tahun 2020. “Keduanya akan datang secara bersamaan dan kami sampai saat ini masih mempelajari lebih tepatnya kapan kedua produk ini akan masuk Indonesia pada 2020 mendatang,” ujar Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Isao Sekiguchi saat sesi media test drive di Karawang Timur, medio September 2019 lalu.

Untuk harga belum ada kepastian perhitungan rangkaian instrumen insentif yang diberikan pemerintah. ” Kalau di Jepang harga saat ini berkisar Rp 350 jutaan karena ada insentif dari pemerintah sebesar 5.000 dollar AS. Bahkan bisa sampai 7.000 dollar AS karena di beberapa daerah seperti Tokyo, mendapat insentif tambahan 2.000 dollar AS,” jelas Sekiguchi.

BACA JUGA  Digital Marketing Prioritas Utama Toyota, Adakah SUV LCGC Tahun Ini?  

DFSK Glory i-Auto

Sokonindo Automobile yang memproduksi merek DFSK peluncuran Glory i-Auto yang menjadi varian tercanggih mobil DFSK dalam jajaran keluarga Glory, selain 580 dan 560. Salah satu fitur ‘pintar’ mobil tersebut yaitu i-Talk yang mampu membuat pengemudi atau penumpang bisa mengoperasikan sistem tertentu dengan memberi perintah suara. Sistem seperti ini sebelumnya sudah ada pada Wuling Almaz, melalui WIND. Sistem i-Talk hanya bisa mengerti bahasa Inggris, dan menerima 59 macam perintah suara. Sementara fitur mobil kompetitor Almaz telah disesuaikan dengan perintah suara bahasa Indonesia.

Honda Jazz

Honda Jazz atau Fit terbaru akhirnya diungkap oleh Honda di panggung Tokyo Motor Show ke-46 2019. Honda Jazz terbaru benar-benar berbeda. Kesan dinamis, tegas, dan sporty seperti pada model-model sebelumnya digantikan dengan tampang yang lebih tenang berkat desain lampu depan yang membulat.

Jazz generasi keempat ini mempertahankan visibilitas pengendara yang mengesankan meski pilar A didesain ulang dengan struktur penampang berbeda dari model sebelumnya. Honda mengatakan model terbaru ini lebih baik untuk penyerapan dampak ke dalam tubuh jika terjadi tabrakan. Kemudian sistem keselamatan canggih Honda Sensing akan menampah perlindungan penumpang.

Honda Jazz Foto: TopGear

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here