Progres MotoGP Indonesia, Sirkuit Mandalika dan Tiket Resmi

Sirkuit Mandalika, Indonesia. Foto: MGPA

Seperti yang diketahui, MotoGP Indonesia akan digelar pada tahun 2021 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mandalika juga masuk dalam daftar destinasi wisata baru yang menjadi fokus pemerintah untuk dikembangkan secara maksimal. Menurut Sporting Director Dorna Sports, Carlos Ezpeleta, MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika digelar pada Maret atau akhir tahun 2021.

Carlos Ezpelata sangat antusias untuk mengadakan event balapan bergengsi kelas dunia tersebut. “Kami sangat senang membawa event balap motor ini ke Indonesia karena Indonesia sangat penting. Indonesia memiliki fansbase yang sangat besar. Kami mengapresiasi ITDC yang telah memilih lokasi sirkuit yang sangat indah,” ujar Calos.

Sirkuit Mandalika diklaim sebagai sirkuit jalan raya pertama di dunia untuk perhelatan MotoGP. Menurut Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer, pembangunan Sirkuit Mandalika kemungkinan rampung pada akhir tahun 2020. Jadwal musim 2021 MotoGP diperkirakan akan ditentukan sekitar bulan Agustus 2020. Disebutkan, Sirkuit Mandalika telah mendapatkan kontrak dari MotoGP untuk lima tahun.

BACA JUGA  Marc Marquez Mengakui Kalau Sudah Sebulan Tidak “Gituan”

ITDC  menggandeng Vinci Construction dalam membangun sirkuit melalui anak usahanya Vinci Construction Grands Projets (VCGP). VCGP bergerak di bidang desain dan konstruksi proyek-proyek infrastruktur besar di seluruh dunia. Sirkuit Mandalika didesain mempunyai panjang lintasan 4,31 kilometer. Jumlah tikungan lintasan ini berjumlah 17. Lintasan dibangun dalam kawasan The Mandalika, yang merupakan destinasi pariwisata kelas dunia.

Sirkuit Mandalika merupakan lintasan terbuka dan sebagian merupakan jalan raya dengan sajian pemandangan bukit dan pantai. Tribun sirkuit dan fasilitas dimana penonton dapat menyaksikan balapan dari atas bukit juga disiapkan. “Sirkuit dengan jenis fast yang memiliki background pemandangan unik. Saya rasa akan menjadi lokasi balapan dan destinasi wisata yang sangat menarik,” ujar Mick Doohan saat meninjau ke Indonesia bersama Dorna.

BACA JUGA  Jorge Lorenzo Tidak Diijinkan Balapan Tahun Ini, Para Wild Card Merana

Saat ini, progres sirkuit sudah sesuai jadwal. Untuk mengelola MotoGP Indonesia, dibentuk pula Mandalika Grand Prix Association (MGPA). ”Kami berkomitmen kami dalam mempersiapkan penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2021,” ujar CEO MGPA Ricky Baheramsjah. Tiket MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika dijual dengan sistem pre-booking sejak 23 November 2019. Pembeli yang telah melakukan pre-booking akan mempunyai kesempatan pertama saat tiket sudah dijual.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here